Implementasi sekolah berbudaya lingkungan dalam pembentukan lingkungan sehat di MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnah, Muhibbatul (2023) Implementasi sekolah berbudaya lingkungan dalam pembentukan lingkungan sehat di MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhibbatul Husnah_D03216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari keperdulian terhadap lingkungan sekitar kita sendiri,di mulai dari lingkungan sekolah yang kebanyakan warga sekolahnya masih kurang perduli dengan lingkungan belajar padahal demi kenyamanannys sendiri, maka penelitian ini di harapkan mampu mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dan diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan negative. Penelitian ini mengambil judul implementasi sekolah berbudaya lingkungan dalam pembentukan lingkungan sehat di MAN 1 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi sekolah berbudaya lingkungan sehat melalui program adiwiyata di MAN 1 Gresik beserta bentuk dan prosesnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka kurikulum, koordinator tim adiwiyata, petugas kebersihan sekolah dan salah satu siswa MAN 1 Gresik. Objek penelitian ini berupa budaya lingkungan sehat. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian merupakan bentuk budaya lingkungan sehat melalui program Adiwiyata yang dilakukan oleh pihak MAN 1 Gresik dilakukan dengan mengembangkan pendidikan lingkungan hidup, menjaga kebersihan kelas, gedung-gedung, taman di lingkungan MAN 1 Gresik, budidaya tanaman, pengeolaan kompos dalam upaya pengendalian dan penanggulangan lingkungan hidup yang lebih baik. Dalam proses pembentukan lingkungan sehat di MAN 1 Gresik terdapat faktor pendukung seperti Visi dan Misi, sarana dan prasana yang memadai, setiap guru menerapkan kurikulum berbasis lingkungan. Faktor penghambat biaya yang terbatas, kurangnya koordinasi antara beberapa pihak terkait seperti kepada pemerintah, pedagang asongan, dan masyarakat sekitar, belum terbentuknya sifat yang sadar akan lingkungan dan tanggung jawab. terbukti dari banyaknya tumpukan sampah didepan madrasah yang sampahnya bersumber dari dalam madrasah, pedagang asongan dan masyarakat sekitar. Sedangkan dalam implementasinya, budaya sekolah lingkungan sehat adiwiyata sendiri dilaksanakan setiap bulan dan setiap hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnah, Muhibbatulibbahusnah@gmail.comD03216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa’arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Budaya
Keywords: Sekolah berbudaya; lingkungan sehat; adiwiyata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhibbatul Husnah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:28
Last Modified: 31 Aug 2023 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64682

Actions (login required)

View Item View Item