Pendidikan karakter perspektif K.H. Muhammad Sholeh Darat As Samarani dalam Kitab Minhaj al Atqiya serta relevansinya terhadap kebijakan penguatan pendidikan karakter di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Eka, Putra Romadona (2023) Pendidikan karakter perspektif K.H. Muhammad Sholeh Darat As Samarani dalam Kitab Minhaj al Atqiya serta relevansinya terhadap kebijakan penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Putra Romadona_02040821008 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia merupakan satu kesatuan yang tidak bias dilepaskan. Penguatan pendidikan karakter di Indonesia masih belum membuahkan hasil yang memuaskan. Sebagai ulama yang produktif dalam penulisan kitab, karya Kiai Sholeh hingga saat ini masih sering dikaji dan dipelajari. Karya Kiai Sholeh juga sudah banyak yang dicetak ulang. Salah satu kitab karangannya yang monumental adalah Minhāju Al- Atqiyā’i fī Sharḥi Ma’rifati Al- Adhkiyā’i ilā Tharīqi Al-Auliyā’i. Kiai Sholeh juga menjelaskan bahwa pendidikan bisa dikatakan berhasil jika bisa menjadi pedoman dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan konsep pendidikan karakter perspektif Kiai Muhammad Sholeh Darat As-Samarani. Selain itu, penelitian ini ditujukan pula untuk menganalisis relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab tersebut dengan Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan metode studi pustaka (library reaserch). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisi isi (conten analysis). Langkah dalam penelitian ini antara lain: 1) tahapan deskripsi, 2) tahapan interpretasi, 3) tahapan analisis, dan 4) kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pendidikan karakter perspektif Kiai Sholeh setidaknya memiliki dua prinsip utama yakni pengulangan dan keikhlas an. Internalisasi nilai karakter dilakukan dengan cara pembiasaan, perintah dan larangan serta pengenalan. Relevansi konsep pendidikan karakter perspektif Kiai Sholeh memiliki relevansi kuat dengan kebijakan PPK di Indonesia saat ini. Namun demikian, keberhasilan implementasi dari kebijakan PPK di Indonesia tidak dapat menyamai keberhasilan internalisasi karakter Kiai Sholeh , ini terjadi karena ketiadaan salah satu prinsip utama dari pendidikan karakter perspektif Kiai Sholeh yakni keikhlasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Eka, Putra Romadonaekaputra346@gmail.com02040821008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAli, Masudalimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorImam, Syafi'iimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Keywords: Kebijakan penguatan pendidikan karakter; Kiai Muhammad Sholeh Darat As Samarani; Kitab Minhaj al Atqiya
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Putra Romadona
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:44
Last Modified: 29 Aug 2023 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64699

Actions (login required)

View Item View Item