ETIKA BELAJAR PESERTA DIDIK : PERSPEKTIF SYEKH UMAR BIN ACHMAD BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAQ LI AL-BANAT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Nikmahtul (2014) ETIKA BELAJAR PESERTA DIDIK : PERSPEKTIF SYEKH UMAR BIN ACHMAD BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAQ LI AL-BANAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Jika diperhatikan para peserta didik zaman sekarang, sebenarnya mereka telah bersungguh-seungguh dalam menuntut ilmu, tapi tak sedikit dari mereka ada yang tidak memperoleh manfaat dari ilmunya, yakni berupa pengamalan ilmu dan menyebarkannya. Hal itu terjadi karena cara belajar mereka yang kurang tepat, dan syarat-syaratnya tidak mereka perhatikan. Karena barang siapa salah arah dalam menempuh suatu jalan, maka tidak akan sampai tujuan. Begitu pula dalam belajar, tidak hanya dibutuhkan kemampuan akademis melainkan juga etika untuk menentukan tercapai atau tidaknya tujuan belajar. Karena tujuan belajar adalah dituntut adanya perubahan baik itu kemampuan maupun perilaku.
Dasaran itulah yang timbul tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Apa yang dimaksud dengan etika belajar. (2) Bagaimana macam-macam etika belajar perspektif Umar Baradja yang diterangkan dalam kitab al-akhlaq li al-banat. (3) Bagaimanakah analisis terhadap konsep etika belajar dalam kitab al-akhlak li al-banat?
Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, adapun sumber dokumentasi terbagi menjadi dua bagian yaitu: 1) Sumber Data Primer yaitu kitab Al-Akhlaq li Al-Banat dan 2) Sumber Data Sekunder yaitu kitab-kitab dan buku-buku yang di dalamnya terdapat kajian yang mencakup isi dari penelitian ini. Dan analisis datanya menggunakan kajian isi (content analysis).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yahya Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, NikmahtulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Etika Belajar; Peserta Didik; Umar Bin Achmad Baradja; Al-Akhlaq Li Al-Banat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 08:37
Last Modified: 11 Feb 2015 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item