Kontribusi intelektual sufistik Syaikh Nursamad Kamba dalam komunitas Maiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mursyid, Aris Fadhilah (2023) Kontribusi intelektual sufistik Syaikh Nursamad Kamba dalam komunitas Maiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aris Fadhilah Mursyid_A92217103 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul “Kontribusi Intelektual Sufistik Syaikh Muhammad Nursamad Kamba Dalam Komunitas Maiyah”. Skripsi ini memfokuskan bahasan antara lain: (1) biografi dari Syaikh Nursamad Kamba, (2) perjumpaan Syaikh Nursamad Kamba dengan Komunitas Maiyah dan menjadi salah satu Marja’ Maiyah, dan (3) peran intelektual sufistik Syaikh Nursamad Kamba yang diberikan kepada Komunitas Maiyah. Penelitian ini diolah menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Metode penelitian sejarah digunakan dalam penelitian ini dengan langkah: heuristik verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kharismatik dari Max Weber untuk menganalisis kedudukan dan keahlian dari Syaikh Nursamad Kamba sebagai pakar dibidang tasawuf dan Marja’ Maiyah dan teori psikologi agama dari W.H. Thomas.untuk menelaah pengaruh pemikiran dari Syaikh Nursamad Kamba. Hasil penelitian yang diperoleh dari skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Syaikh Muhammad Nursamad Kamba lahir di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan pada 23 September 1958 dan berhasil menyelesaikan studi perguruan tingginya di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir mulai tingkat sarjana hingga doktor. (2) Syaikh Nursamad Kamba bertemu langsung dengan Emha Ainun Nadjib saat masih bekerja di Mesir kemudian banyak bertukar pikiran dan menemukan kecocokan antara keduanya hingga menjadi salah satu Marja’ Maiyah. (3) Syaikh Kamba sebagai Marja’ Maiyah berkontribusi mengembangkan intelektual sufistik di Komunitas Maiyah salah satunya konsep Tarekat Virtual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mursyid, Aris Fadhilahariesrasyid10@gmail.comA92217103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Syaikh Nursamad Kamba; komunitas Maiyah; sufistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aris Fadhilah Mursyid
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:57
Last Modified: 12 Sep 2023 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64700

Actions (login required)

View Item View Item