Pengaruh promosi jasa pendidikan melalui media sosial instagram terhadap peningkatan jumlah peserta didik baru di SMA Trimurti Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nur Hanifatus (2023) Pengaruh promosi jasa pendidikan melalui media sosial instagram terhadap peningkatan jumlah peserta didik baru di SMA Trimurti Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hanifatus Sa'adah_D93216085 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak lembaga pendidikan di Surabaya yang mempunyai akun instagram khusus sekolah, tetapi masih kurang memanfaatkan optimalisasi media sosial instagram. Padahal, saat ini media sosial instagram sangat digemari oleh masyarakat. Hal tersebut menjadi peluang bagi lembaga pendidikan untuk memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana promosi sekolah agar cakupan target pasar lebih luas, karena media sosial tidak terbatas pada letak geografis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana Pengaruh Promosi Jasa Pendidikan Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Didik Baru di SMA Trimurti Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Rico Huang sebagai pakar promosi melalui media sosial instagram dan teori peningkatan penjualan yang dikemukakan oleh Basu Swastha. Selain itu, penelitian ini juga dilengkapi dengan beberapa teori lain yang relevan dengan variabel untuk memperkuat penelitian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu promosi jasa pendidikan melalui media sosial instagram sebagai variabel x dan peningkatan jumlah peserta didik baru sebagai variabel y. Penelitian ini dilakukan di SMA Trimurti Surabaya dengan responden sebanyak 188 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui kuesioner yang dibagikan kepada seluruh responden. Untuk memperkuat hasil kuesioner yang telah dibagikan, peneliti juga melakukan wawancara. Kemudian, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk setiap butir item dalam kuesioner. Uji validitas yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus product moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus croncbanch’s alpha. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dimana dalam analisis tersebut terdapat uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bantuan software SPSS IBM 29 untuk menguji keseluruhan data dalam kuesioner. Setelah dilakukan analisis, ditemukan bahwa promosi jasa pendidikan melalui media sosial instagram memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan jumlah peserta didik baru, yaitu sebesar 11,9%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nur Hanifatusnurhanifatuss@gmail.comD93216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Promosi; media sosial; peningkatan jumlah peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Hanifatus Sa'adah
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:38
Last Modified: 29 Aug 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64705

Actions (login required)

View Item View Item