Pembentukan karakter akhlakul karimah anak usia dini melalui pembiasaan sikap cinta damai di TK Unggulan An Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badiah, Himmatul (2023) Pembentukan karakter akhlakul karimah anak usia dini melalui pembiasaan sikap cinta damai di TK Unggulan An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Badiah_D09219014 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter akhlakul karimah anak usia dini melalui pembiasaan sikap cinta damai di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Beberapa peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh sebab itu penting pada usia dini dilakukan pembentukan karakter akhlakul karimah. Melalui pembiasaan sikap cinta damai peserta didik akan menjadi pribadi yang bisa diterima dengan baik di lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakter akhlakul karimah anak usia dini di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui cara membentuk karakter akhlakul karimah anak usia dini melalui pembiasaan sikap cinta damai serta hambatan guru dalam membentuk karakter sikap cinta damai peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK Unggulan An-Nur Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran karakter akhlakul karimah anak usia dini di TK Unggulan An-Nur Surabaya sangat berbeda-beda, terumata dalam bersikap kepada teman. Cara membentuk karakter anak usia dini melalui pembiasaan sikap cinta damai dilakukan dengan tiga cara yaitu a) pemberian contoh perilaku yang baik serta selalu membimbing peserta didik untuk berperilaku baik pula, b) pembiasaan, guru selalu membiasakan peserta didik untuk berperilaku yang mencerminkan sikap cinta damai agar karakter akhlakul karimah peserta didik melekat sampai mereka dewasa, c) pemberian nasihat, guru dengan teratur memberikan nasihat pada peserta didik ketika mereka berperilaku kurang baik dengan perkataan yang lembut sehingga dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Hambatan guru dalam pembentukan karakter sikap cinta damai peserta didik adalah latar belakang lingkungan keluarga dan masyarakat yang berbeda-beda dan kurang mendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badiah, Himmatulhimmatulbadiah77@gmail.comD09219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com197011202000031002
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Akhlakul karimah; sikap cinta damai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Himmatul Badiah
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:11
Last Modified: 29 Aug 2023 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64708

Actions (login required)

View Item View Item