Pengaruh perubahan struktur ekonomi dan spesialisasi sektoral terhadap penyerapan tenaga kerja untuk daerah perkotaan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lafia, Fira Ayu (2023) Pengaruh perubahan struktur ekonomi dan spesialisasi sektoral terhadap penyerapan tenaga kerja untuk daerah perkotaan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Ayu Lafia_G91219074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan struktur ekonomi, peningkatan produksi namun tidak disertai dengan perubahan struktur penyerapan tenaga kerja, tentunya menjadi masalah tersendiri dalam proses pembangunan ekonomi. Perubahan yang terjadi pada struktur ekonomi akan mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di sektor ekonomi. Sektor primer mengalami penurunan yang diimbangi dengan peningkatan pada sektor sekunder dan sektor tersier. Terjadinya perubahan struktural yang dicirikan dengan perubahan kontribusi masing sektor yaitu dari sektor primer, sektor sekunder dan tersier terhadap PDRB berakibat pada corak perekonomian daerah perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan struktur ekonomi terhadap struktur kesempatan kerja dan mengetahui pengaruh spesialisasi sektoral terhadap struktur kesempatan kerja. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan data cross section yang terdiri dari 9 kota di Jawa Timur dan data time-series yaitu tahun 2018-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan model random effect. Data penelitian diolah dengan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perubahan struktur ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur penyerapan tenaga kerja di daerah perkotaan Jawa Timur dengan nilai sebesar 0.518213. Spesialisasi sektoral berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur penyerapan tenaga kerja di daerah perkotaan Jawa Timur dengan nilai sebesar 0.224836. Perubahan struktur ekonomi secara tidak langsung berpengaruh positif secara signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat melalui struktur penyerapan tenaga kerja di daerah perkotaan Jawa Timur. Adanya penelitian ini diharapkan diperlukan kebijakan dari pemerintah dalam hal perencanaan penggunaan tenaga kerja asli daerah dan pengembangan sumber daya manusia yang ditandai dengan upaya peningkatan keterampilan dan kemampuan tenaga kerja, serta produktivitas tenaga kerja. bekerja dan menjamin kesempatan kerja bagi penduduk. mereka mampu bekerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lafia, Fira Ayufalia0806@gmail.comG91219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Tenaga Kerja
Keywords: Perubahan struktur ekonomi; spesialisasi sektoral; struktur penyerapan tenaga kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fira Ayu Fira Lafia
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:13
Last Modified: 01 Sep 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64728

Actions (login required)

View Item View Item