Analisis efektifitas distribusi ZIS melalui program aksi peduli difabel di yayasan ruang pasien Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprapto, Octaf Ilham (2023) Analisis efektifitas distribusi ZIS melalui program aksi peduli difabel di yayasan ruang pasien Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Octaf Ilham Suprapto_G05219024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Efektivitas Distribusi ZIS Melalui Program Aksi Peduli Difabel di Yayasan Ruang Pasien Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen distribusi ZIS melalui program aksi peduli difabel di Yayasan Ruang Pasien Surabaya dan efektivitas distribusi ZIS melalui program aksi peduli difabel di Yayasan Ruang Pasien Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan yang dilakukan pada Yayasan Ruang Pasien Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif dan teknik triangulasi. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan program aksi peduli disabilitas di Yayasan Ruang Pasien Surabaya, sementara teknik triangulasi digunakan untuk memperoleh data akurat melalui validasi data dari berbagai sumber dan menggunakan berbagai alat dan teknik seperti wawancara, diskusi, serta referensi dari peristiwa penting dan pengalaman di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen distribusi ZIS melalui program aksi peduli difabel di Yayasan Ruang Pasien Surabaya melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kelebihannya adalah perencanaan terintegrasi, kerjasama dengan lembaga eksternal, dan penyaluran bantuan yang merata. Namun, terdapat kekurangan seperti frekuensi distribusi terbatas dan terbatasnya sumber daya yang mempengaruhi efektivitas distribusi. Program aksi peduli difabel yang dilakukan oleh Yayasan Ruang Pasien terbukti efektif dalam berbagai aspek. Secara keseluruhan, program aksi peduli difabel ini memberikan manfaat nyata bagi individu difabel yang membutuhkan, dan diharapkan dapat terus berlanjut untuk membantu lebih banyak individu difabel di masa depan. Saran dalam penelitian ini adalah memperluas jangkauan data penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan, melakukan kolaborasi dengan lembaga terkait, memberikan pelatihan kepada staf terlibat, memperjelas tugas dan tanggung jawab tim, dan mempertimbangkan penggunaan teknologi atau sistem digital. Kemudian juga perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan pada pengelolaan program aksi peduli difabel. Fokusnya adalah meningkatkan observasi pendekatan sosial langsung kepada penyandang disabilitas untuk memahami kebutuhan mereka dalam meningkatkan kualitas hidup. Tujuannya adalah agar program yang diberikan oleh LAZ/BAZ dapat memberikan bantuan yang sesuai, tepat, dan optimal dalam membantu penyandang disabilitas mencapai kesejahteraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprapto, Octaf Ilhamoctafilhamsuprapto@gmail.comG05219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Zakat
Keywords: Effectiveness; ZIS distribution
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Octaf Ilham Suprapto Suprapto
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64730

Actions (login required)

View Item View Item