Analisis pengukuran kematangan implementasi Smart City berdasarkan Framework Garuda Smart City

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanto, Amalia Salsabilla (2023) Analisis pengukuran kematangan implementasi Smart City berdasarkan Framework Garuda Smart City. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Salsabilla Ariyanto_H96219040 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap kota memiliki rencana masing – masing untuk membuat kota tersebut menjadi maju dan unggul dari kota lain. Saat ini sedang berkembang konsep smart city atau kota pintar dimana konsep ini telah diterapkan di sebagian besar kota - kota maupun kabupaten di Indonesia. Kota pintar atau Smart City adalah sebuah tren yang saat ini menjadi solusi inovatif dalam mengatasi masalah-masalah perkotaan. Smart City merupakan kota yang memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cara mengidentifikasi masalah melalui data yang dimilikinya. Dari sekian banyak kota atau kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten Nganjuk menjadi kabupaten yang telah mengimplementasikan Smart City. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kematangan Smart City di Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan Garuda Smart City Framework dengan enabler technology, governance, dan people. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara kepada pihak Kominfo di Kabupaten Nganjuk. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan framework Garuda Smart City. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Nganjuk telah mengimplementasikan beberapa aspek Smart City, seperti penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pelayanan publik, pengelolaan data yang terintegrasi, dan partisipasi masyarakat dalam implementasi Smart City. Namun, terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan, seperti konektivitas infrastruktur TIK yang lebih baik, perlindungan data pribadi yang lebih kuat, dan pengembangan aplikasi Smart City yang lebih komprehensif. Berdasarkan analisis menggunakan Garuda Smart City Framework, Kabupaten Nganjuk dapat dikategorikan sebagai Smart City yang berada pada tingkat kematangan yang baik. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai status kematangan Smart City di Kabupaten Nganjuk dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut guna mencapai tingkat kematangan yang lebih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanto, Amalia Salsabillaamaliasariyanto@gmail.comH96219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id197909272014032001
Thesis advisorAnanto, Prasasti Karunia Faristaprasasti.ananto@uinsby.ac.id202111013
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Smart City; Garuda Smart City Framework; Kabupaten Nganjuk; kematangan; teknologi informasi; komunikasi (TIK)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Amalia Salsabilla
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:33
Last Modified: 01 Sep 2023 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64747

Actions (login required)

View Item View Item