Tinjauan Sadd Al Dhariah terhadap penerapan hak ijbar dalam pekawinan di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahid, Bagus Nur (2023) Tinjauan Sadd Al Dhariah terhadap penerapan hak ijbar dalam pekawinan di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Nur Wahid_C91219099 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Tinjauan Sadd Al-dhari’ah Terhadap Penerapan Hak Ijbar Dalam Perkawinan Di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.” Penelitian ini merupakan hasil penelitian di lapangan guna menjawab pertanyaan tentang bagaimana penerapan dan dampak yang dihasilkan oleh hak ijbar di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban serta bagaimana jika ditinjau dengan teori Sadd Al-dhari’ah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dengan metode (field research) merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan guna mengetahui secara langsung bagaimana kronologi kejadian hak jbar yang telah terjadi serta menganalis menggunakan metode Sadd Al-dhari’ah. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kedua kasus yang telah terjadi ada intinya memang sebuah wali ingin bertanggung jawab kepada anak gadisnya sehingga tidak mau jika anak gadisnya mendapat jodoh seorang lelaki yang tidak bisa bertanggung jawab kepada keluarga. penulis menyarankan kepada masyarakat agar suatu peristiwa Hak Ijbar yang terjadi dapat menjadi pelajaran dan kepada para orang tua lebih bijak dalam menggunakn haknya kepada anak perempuannya dan penelitian ini juga dapat diambil sisi positifnya. maka bagi akademis sebaiknya bisa menggunakan penelitian ini sebagai rujukan nantinya dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan menyempurnakan yang dirasa masih kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahid, Bagus Nurbagusnurwahid2001@gmail.comC91219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10gmail.com198710022015031005
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Perkawinan; sadd al dhariah; hak ijbar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Bagus Nur Wahid
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:12
Last Modified: 30 Aug 2023 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64751

Actions (login required)

View Item View Item