Pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Mir'atul (2023) Pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mir'atul Mukarromah_D01219033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mir’atul Mukarromah, D01219033, Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kemandirian Siswa Melalui Tutor Teman Sebaya Dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya. Dosen Pembimbing : Dr. H. Abd Muqit, M.Pd.I dan Amrullah M.Pd. Pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa dalam metode tutor teman sebaya merupakan salah satu metode belajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya, bertujuan untuk meningkatkan sisi kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu 1) Desain pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. 2) Implementasi pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. 3) Evaluasi pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan keismpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Desain pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya ada beberapa tahap yaitu a) asesmen diagnostic, b) membentuk kelompok dan menentukan tutor, c) membuat modul ajar. 2) Implementasi pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya, peserta didik belajar bersama kelompok yang telah dibagi dengan didampingi satu orang tutor, satu kelompok berisi 4-5 orang sedangkan peran guru yaitu memantau dan mengawasi jalannya pembelajaran. 3) Evaluasi pembentukan profil pelajar pancasila dimensi kemandirian siswa melalui tutor teman sebaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya dilakukan berupa refleksi, setelah pembelajaran selesai maka dilakukan refleksi, dari refleksi tersebut seorang guru akan tahu tentang kelebihan dan kekurangan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Mir'atulmiratul09@gmail.comD01219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuqit, Abdh.abd.muqit@gmail.com2012036802
Thesis advisoramrullah, amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Mandiri
Pendidikan Islam
Keywords: Pembentukan; profil pelajar pancasila; tutor teman sebaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mir'atul Mukarromah
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:30
Last Modified: 05 Sep 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64762

Actions (login required)

View Item View Item