Implementasi konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali di Pondok Pesantren Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syavira, Fa'izza (2023) Implementasi konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali di Pondok Pesantren Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fa'izza Syavira_E07218011 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhlak adalah modal pokok dalam memajukan suatu bangsa karena modal pokok dalam pembangunan adalah akhlakul karimah dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu pembinaan moral tersebut adalah pembinaan dalam pendidikan. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang lebih dipercayai oleh kalangan masyarakat sebagai pembentuk akhlak anak didik yang paling efektif dan memiliki tujuan yang tak jauh beda dengan pendidikan umum. Pendidikan akhlak dalam Islam adalah pendidikan yang mengakui bahwa dalam kehidupan manusia menghadapi hal baik dan hal buruk, kebenaran dan kebatilan, keadilan dan kezaliman, serta perdamaian dan peperangan.Pertanyaan penelitian ini antara lain; 1) Bagaimana konse pendidikan Imam Al Ghazali; 2) Bagaimana implementasi pendidikan Imam Al Ghazali di pondok pesantren Jabal Noer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh,ustadz dan santri pondok pesantren Jabal Noer. Tempat penelitian dilakukan di pondok pesantren Jabal Noer Geluran Taman, Sidoarjo. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) pemikiran Imam Al-Ghazali terkait dengan konsep pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi moral saat ini dapat dilakukan dengan membangun kualitas pendidikan terutama dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan. Untuk meningkatkan pendidikan akhlak, menanamkan akhlak yang bersifat permanen, membangun kepribadian Muslim yang kaffah. Selain itu Imam Al-Ghazali juga memaparkan mengenai langkah-langkah pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi yang terdiri dari, pendidikan akhlak yang berlandasan Al-Qur’an dan hadis, tujuan pendidikan akhlak, tahapan yang dicapai dalam pembentukan akhlak yaitu Tajalli, Takhalli, dan Tahalli; 2)Implementasi Konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali dikategorikan sudah baik pelaksanaanya, ditunjukkan melalui kontribusi pengasuh dan ustadz membuat jadwal mengaji dan sumbangsih keilmuan; 3)Upaya yang dilakukan pengasuh dan ustadz dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali yaitu: a) Memberikan bimbingan; b)Memberikan Tausiyah; c) Memberikan Keteladanan; d) Menerapkan Pembiasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syavira, Fa'izzaSyaviravira208@gmail.comE07218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Akhlak
Tasawuf
Keywords: Pendidikan Akhlak; Imam Al Ghazali; Pondok Pesantren Jabal Noer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fa'izza Syavira
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:13
Last Modified: 30 Aug 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64774

Actions (login required)

View Item View Item