Perspektif interaksi dalam adopsi digital banking: peran usability, compatibility, social influence dan trust; studi kasus : aplikasi allo bank

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Masfufahtul (2023) Perspektif interaksi dalam adopsi digital banking: peran usability, compatibility, social influence dan trust; studi kasus : aplikasi allo bank. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masfufahtul Umroh_H96219050 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejak lima tahun terakhir industri perbankan semakin meningkatkan kompetisi dan memperluas pasar dengan bantuan perbankan digital. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aplikasi perbankan digital yang mulai populer di kalangan masyarakat. Dalam mengadopsi Digital Banking penting untuk mengkaji interaksi antar elemen dalam sistem. Perspektif interaksi sendiri dijabarkan menjadi 3 kelompok interaksi yaitu interaksi antara individual-technology, individual-environment, dan individual-task. Penelitian ini menggunakan objek Aplikasi Allo Bank, pemilihan studi kasus tersebut dikarenakan aplikasi Allo Bank berhasil mendapatkan pengguna lebih dari 1jt dalam beberapa bulan sejak diluncurkan dengan rating 3+. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran Usability, Compatibility, Social Influence dan Trust dalam mempengaruhi minat pengguna menggunakan Aplikasi Allo Bank. Metode yang digunakan adalah PLS dengan Tools SmartPLS. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Variabel Satisfaction berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Intention to using Digital Banking. Variabel Perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction dan Intention to Using Digital Banking. Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived usefulness, Trust dan Satisfaction. Variabel compatibility terhadap perceived usefulness dan intention to using digital banking mendapatkan hasil berpengaruh positif dan signifikan. Variabel Social influence berpengaruh yang signifikan dan positif terhadap compatibility dan intention to using digital banking. Variabel Trust memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap intention to using digital banking. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Usability, Compatibility dan Social Influence memiliki peran dalam mempengaruhi minat pengguna aplikasi Allo Bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Masfufahtulmasfufatulumroh@gmail.comH96219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Subjects: Manajemen Informasi
Tehnik Informatika
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Adopsi Teknologi; Compatibility; Perspektif Interaksi; Social Influence; Trust; Usability
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Masfufahtul Umroh
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:51
Last Modified: 01 Sep 2023 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64778

Actions (login required)

View Item View Item