Komunikasi keluarga dalam membentuk kemandirian anak bersosialisasi di Raudhatul Athfal Nurul Ulum Desa Seketi Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Alfiarany Choirun (2023) Komunikasi keluarga dalam membentuk kemandirian anak bersosialisasi di Raudhatul Athfal Nurul Ulum Desa Seketi Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiarany Choirun Nisa_B95219085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami proses komunikasi keluarga dalam membentuk kemandirian bersosialisasi anak Raudhatul Athfal Nurul Ulum Desa Seketi, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memahami subjek penelitian yang diperoleh dari fenomena yang terjadi meliputi perilaku, motivasi, persepsi dan tindakan lainnya dengan pendeskripsian dalam bentuk kata-kata atau bahasa yang telah dioleh dari perolehan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi pada setiap keluarga adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi yang terjalin melibatkan anggota keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak sebagai komunikator dan komunikan yang saling bertukar pesan langsung tatap muka dengan adanya feedback dan respon anak terhadap pesan yang disampaikan oleh orang tua. Komunikasi yang terjadi berupa komunikasi verbal dan non-verbal yang digunakan orang tua dalam membentuk kemandirian bersosialisasi anak. Pada komunikasi yang dilakukan oleh setiap keluarga, ditinjau dari orientasi percakapan dan kepatuhan memunculkan beberapa tipe keluarga, tipe keluarga pluralistik yaitu keluarga III, tipe keluarga protektif yaitu keluarga IV, dan tipe konsensual yaitu keluarga II, dan tipe laissez-faire yaitu keluarga I.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Alfiarany Choirunalfiarany@gmail.comB95219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Komunikasi; Komunikasi Keluarga; Bersosialisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alfiarany Choirun Nisa
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:57
Last Modified: 31 Aug 2023 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64780

Actions (login required)

View Item View Item