Pendampingan perempuan dalam meningkatkan ekonomi kreatif melalui kulit bawang putih di Dusun Padas Wetan Desa Pandanwangi Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyda, Fatya Nur (2023) Pendampingan perempuan dalam meningkatkan ekonomi kreatif melalui kulit bawang putih di Dusun Padas Wetan Desa Pandanwangi Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan AMpel Surabaya.

[img] Text
Fatya Nur Rosyda_B02219012 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pendampingan perempuan ibu-ibu rumah tangga di Dusun Padas Wetan yang mengalami penurunan ekonomi. Akhirnya ibu-ibu Dusun Padas bekerja menjadi kuli kupas bawang putih di salah satu suplayer bawang. Pendampingan dilakukan dengan memanfaatkan potensi mereka dalam bidang keterampilan yaitu mengolah limbah kulit bawang putih menjadi bunga lalu dipercantik dengan menggunakan resin sehingga menjadi cermin yang unik dan bagus serta laku jual. Proses pendampingan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan asset dan potensi yang dimiliki ibu-ibu rumah tangga, mensejahterakan kehidupan mereka dan memanfaatkan limbah yang ada dengan sebuah kerajinan yang bernilai jual. Proses pendampingan yang dilakukan dengan mengidentifikasi mengenai asset dan potensi ibu-ibu rumah tangga Dusun Padas Wetan menggunakan metode ABCD (asset Based Community Develpoment). Pemberdayaan dilakukan untuk memanfaatkan kemampuan dan asset yang ada di lingkungan masyarakat Dusun Padas Wetan dengan tahapan 5D yaitu : Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Melalui pendampingan dengan pemanfaatan asset diharapkan mampu mewujudkan kemandirian ibu-ibu rumah tangga di Dusun Padas Wetan. Hasil dari pendampingan yang dilakukan oleh peneliti dan para klien di Dusun Padas Wetan yakni mereka mampu memanfaatkan asset yang berada disekitar mereka dan mampu mengolahnya menjadi suatu barang yang bernilai jual. Adanya perubahan pola piker bahwa mereka juga memiliki kelebihan di bidang keterampilan, sehingga menjadikan mereka mandiri untuk meningkatkan pendapatan. Dengan pengolahan limbah kulit bawang putih yang dimanfaatkan juga termasuk menjaga lingkungan sekitar mereka agar hidup bersih dan sehat tanpa sampah serta hidup lebih sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyda, Fatya Nurnurrosydafatya@gmail.comB02219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby,ac2018057601
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Kesejahteraan Sosial
Keywords: ibu-ibu rumah tangga; limbah kulit bawang putih; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fatya Nur Rosyda Fatya
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:11
Last Modified: 05 Sep 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64781

Actions (login required)

View Item View Item