Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Sofyan Budi (2023) Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofyan Budi Ismail_D93219104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong, dengan memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong, (2) Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong, (3) Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner, populasinya berjumlah 39 guru dengan 17 guru di Madrasah Aliyah Hasanuddin dan 22 guru di Madrasah Aliyah Mifathul Ulum, Teknik Sampling menggunakan sampel jenuh yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu 39 guru, analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase untuk mengetahui presentase variabel x dan variabel y di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong, dan juga menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui adanya Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong dikategorikan baik dengan hasil analisis deskrirptif presentase sebesar 77,25%, untuk kinerja guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong berdasarkan analisis deskriptif presentase menunjukkan angka sebesar 85,78% yang berkategorikan baik, sedangkan untuk hasil analisis regresi linear sederhana yaitu nilai R square sebesar 0,120 yang berarti teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh sebesar 12% terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong, berdasarkan anova tabel nilai F hitung sebesar 5,055 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 maka dapat dikatakan terdapat pengaruh antara teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Dawarblandong yang mana Ha diterima dan Ho ditolak, berdasarkan tabel koefisien nominal Constan (a) sebesar 46,654 sedangkan nilai teknologi informasi dan komunikasi (b atau koefisien regresi) sebesar 0,416 sehingga persamaan regresi dapat ditulis Y = 46,654 + 0,416 X.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Sofyan Budisofyanbudi1410@gmail.comD93219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Teknologi informasi dan komunikasi; kinerja guru; madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sofyan Budi Ismail
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:14
Last Modified: 25 Aug 2023 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64785

Actions (login required)

View Item View Item