Nilai-nilai akidah dan akhlak dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahra, Miladi Aini (2023) Nilai-nilai akidah dan akhlak dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miladi Aini Zahra_D91219125 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akidah ialah keimanan yang tertanam dalam hati, tersalurkan melalui lisan dan perbuatan. Akhlak merupakan represesntasi akidah, yang dilihat melalui tingkah laku, sikap, ataupun perilaku. Nilai-nilai akidah dan akhlak dalam novel Bumi Cinta artinya adanya implementasi akidah serta akhlak pada novel tersebut, dan merelevansikannya dengan Pendidikan Agama Islam di SMA/MA. Penggunaan novel Bumi Cinta karena novel tersebut sarat akan ajaran Islam terutama akidah dan akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan metode dokumentasi, yakni mendokumentasikan isi dari buku, jurnal, atau penelitian lain yang berkaitan dengan pokok penelitian skripsi ini. Penelitian ini menunjukkan bahwasannya 1) Nilai-nilai akidah dan akhlak yang terkandung dalam novel Bumi Cinta meliputi rukun iman untuk akidah. Sedang untuk akhlak meliputu akhlak pada Allah, akhlak pada Rasulullah, akhlak pada sesama, akhlak pada diri sendiri, dan akhlak dalam keluarga. 2) karakter tokoh utama dalam menampilkan akidah dan akhlak di gambarkan sifat amanah, taat, bertanggung jawab, dan saling tolong menolong. Yang keseluruhan tersirat dalam alur, gaya bahasa, dialog, narasi dalam cerita. 3) Cakupan materi akidah dan akhlak yang terdapat dalam novel sesuai dan relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA/MA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahra, Miladi Ainimiladizahra27@gmail.comD91219125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Keywords: Akidah; Ahlak; Novel Bumi Cinta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miladi Aini Zahra
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:54
Last Modified: 01 Sep 2023 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64789

Actions (login required)

View Item View Item