Penerapan Metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL) pada peramalan nilai Ekspor kelompok perhiasan di Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Asma'ul (2023) Penerapan Metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL) pada peramalan nilai Ekspor kelompok perhiasan di Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asma'ul Husna_H72217017 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan kontribusi besar dalam pembangunan perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor komoditas perhiasan/permata. Pada awal tahun 2020, nilai ekspor komoditas perhiasan/permata secara berangsur mengalami penurunan, penurunan drastis terjadi pada bulan April yaitu mencapai 86,39% dari nilai ekspor sebelumnya. Oleh karena itu dilakukan peramalan agar dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai ekspor, agar kemudian pihak terkait dapat mengambil langkah strategis untuk perbaikan ekspor di masa mendatang. Metode peramalan yang akan digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL). Hasil penelitian dengan metode ARDL menunjukkan bahwa tidak terdapat kointegrasi antar variabel dan diperoleh model estimasi terbaik yaitu ARDL(4, 0, 1, 4). Hasil peramalan nilai ekspor komoditas perhiasan/permata yang diperoleh dari model ARDL(4, 0, 1, 4) untuk periode triwulan berikutnya secara berurutan yaitu 457.827 USD, 887.230 USD 889.859 USD, dan 900.503 USD. Uji akurasi peramalan dengan menggunakan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) yaitu sebesar 38,87700 (38,9%) artinya model ARDL yang dihasilkan penelitian cukup untuk digunakan dalam peramalan nilai ekspor komoditas perhiasan/permata di Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Asma'ul99nanahusna@gmail.comH72217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@uinsby.ac.id--
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakim@uinsby.ac.id--
Subjects: Matematika
Keywords: Autoregressive Distributed Lag (ARDL),; Mean Absolute Percentage Error (MAPE); nilai ekspor; komoditas perhiasan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Asma'ul Husna
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:31
Last Modified: 05 Sep 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64793

Actions (login required)

View Item View Item