Bentuk interaksi sosial pasca migrasi penduduk antara masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal di Medokan Ayu Tambak RT 07 RW 02, Kelurahan Medokan Ayu Kecamatan Rungkut Kota Surabaya: tinjauan teori interaksi sosial George Simmel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Daffa Yusuf (2023) Bentuk interaksi sosial pasca migrasi penduduk antara masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal di Medokan Ayu Tambak RT 07 RW 02, Kelurahan Medokan Ayu Kecamatan Rungkut Kota Surabaya: tinjauan teori interaksi sosial George Simmel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Daffa Yusuf Ramadhan_I03219011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bentuk interaksi sosial pada masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal yang berada di Medokan Ayu Tambak, Gang 3, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Dengan menggunakan tinjauan teori Interaksi Sosial Georg Simmel. Fokus penelitian ini adalah bentuk interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal dan berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial diantara mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yakni Bapak, ibu, remaja yang berasal dari Medokan Ayu Tambak maupun pendatang dan bertempat tinggal di Medokan Ayu Tambak Gang 3. Data yang dihimpun berupa kuantitatif dan kualitatif, diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunaan triangulasi dengan sumber. Dari penelitian ini ditemukan berbagai bidang interaksi yang terjalin antara masyarakat pendatang dan masyarakat lokal yang tinggal di Medokan Ayu Tambak Gang 3-3a, Kota Surabaya, antara lain bidang sosial, ekonomi dan budaya. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial antara masyarakat pendatang dan masyarakat lokal yang ditemukan dilapangan meliputi faktor simpati, faktor empati dan faktor motivasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Daffa Yusufdaffaramadhan2314@gmail.comI03219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Interaksi sosial; migrasi penduduk; masyarakat pendatang; masyarakat lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Daffa Ramadhan
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:39
Last Modified: 07 Sep 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64807

Actions (login required)

View Item View Item