Studi eksplanatif investasi Taiwan semiconductor manufacturing company di Amerika Serikat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhumadi, Aryo Seto Puguh (2023) Studi eksplanatif investasi Taiwan semiconductor manufacturing company di Amerika Serikat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aryo Seto Puguh Dhumadi_I72217064 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis alasan di balik investasi Taiwan Semiconductor Manufacturing Company di Amerika Serikat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksplanatif, dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara sebagai sumber data. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Market Imperfection oleh Stephen Hymer dan Securitization oleh Barry Buzan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun biaya produksi semikonduktor lebih tinggi di Amerika Serikat, TSMC tetap memilih untuk berinvestasi di sana karena berbagai motivasi. Pertama, investasi TSMC berkontribusi pada penguatan ketahanan industri semikonduktor global. Dengan mendirikan kehadiran di Amerika Serikat. Kedua, TSMC dapat meminternalisasi rantai produksi, mengurangi ketergantungan pada lokasi tunggal, dan meningkatkan kemampuan industri untuk mengatasi gangguan. Ketiga, investasi TSMC di Amerika Serikat memungkinkan perusahaan untuk memposisikan dirinya secara strategis dalam dinamika hubungan antara Amerika Serikat-Tiongkok-Taiwan di industri semikonduktor. Langkah ini memungkinkan TSMC untuk menghadapi potensi ketegangan geopolitik dan mempertahankan daya saingnya di pasar global. Terakhir, investasi TSMC sejalan dengan upaya berkelanjutan untuk mengamankan industri semikonduktor sebagai sektor penting bagi Amerika Serikat. Dengan berinvestasi di Amerika Serikat, TSMC menjadi bagian dari upaya negara tersebut untuk melindungi kemampuan semikonduktor yang sangat penting bagi keamanan nasional dan stabilitas ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhumadi, Aryo Seto Puguharyoseto21@gmail.comI72217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl 'Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Semiconductor Industry, Foreign Direct Investment, Securitization, Taiwan semiconductor manufacturing company; United States; Taiwan; China
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Aryo Seto Puguh Dhumadi
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:49
Last Modified: 01 Sep 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64809

Actions (login required)

View Item View Item