Manajemen perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudda, Fima Anadhia (2023) Manajemen perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fima Anadhia Mahmudda_D93218085 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen perpustakaan digital di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo, peningkatan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo, dan manajemen perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan model multi situs. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, kepala perpustakaan, guru, dan siswa di kedua madrasah. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh dapat dideskripsikan bahwa (1) Manajemen perpustakaan digital di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (2) Peningkatan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo diupayakan dengan begitu baik. Dari kedua sekolah tersebut mengadakan gerakan literasi sebelum memulai pembelajaran dan melakukan upaya yang lain. Dengan adanya upaya tersebut para siswa dari kedua sekolah tersebut memiliki kebiasaan dan ketertarikan untuk membaca, meskipun beberapa dari siswa tertarik dengan buku-buku tertentu. (3) Manajemen perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Sidoarjo dan SMAN 1 Sidoarjo dilaksanakan dengan baik, dikelola dan diatur dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perpustakaan digital agar dengan adanya perpustakaan digital dapat membantu para siswa untuk meningkatkan minat baca, dan memberikan hasil yang baik terhadap siswa. Mempermudah para siswa untuk membaca karena penggunaan perpustakaan digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudda, Fima Anadhiafima.anadhia@gmail.comD93218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Perpustakaan digital; peningkatan minat baca siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: fima anadhia
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:54
Last Modified: 01 Sep 2023 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64815

Actions (login required)

View Item View Item