Terapi menyendiri di Pondok Pesantren Metal Muslim al Hidayah Desa Rejoso Lor Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Ahmad Wildan (2023) Terapi menyendiri di Pondok Pesantren Metal Muslim al Hidayah Desa Rejoso Lor Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Wildan Ubaidillah_E97219054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Terapi Menyendiri Di Pondok Pesantren Metal Muslim Al Hidayah. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya problematika khususnya kalangan anak muda yang memiliki pergaulan bebas. Salah satu contohnya adalah pengonsumsi narkoba yang memberikan sifat kecanduan. Penanganan terhadap kecanduan narkoba tergolong sulit karena mereka yang memiliki kecanduan terhadap narkoba kebanyakan susah diatur. Pondok Pesantren Metal Muslim Al Hidayah menjadi sebagai tempat penyembuhan para pecandu narkoba yang mana pesantren tidak hanya menghilangkan kecanduannya tetapi bahkan mengubah sifat santri yang sulit dinasehati menjadi sopan dan santun kepada orang tua. Dalam hal ini pondok pesantren memberikan metode terapi diam di pesantren tanpa adanya paksaan seperti pemasungan, dan sebagainya. Sebagaimana hal tersebut merupakan salah satu contoh dari ajaran dalam tradisi tasawuf yakni khalwat, yang mana khalwat merupakan kegiatan menyendiri dan mengasingkan diri dari pandangan orang lain hingga urusan duniawi. Sehingga masalah yang akan diangkat penulis adalah bagaimana terapi menyendiri di pondok pesantren Metal Muslim Al Hidayah dan bagaimana peran terapi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari mulai observasi dengan mengamati keadaan lingkungan sekitar, lalu disusul dengan wawancara guna mencari tahu lebih dalam dengan cara tanya jawab untuk menemukan data yang lebih akurat dan diakhir akan didukung dengan dokumen yang relevan terkait jurnal, artikel, skripsi dan sebagainya untuk penelitian penulis. Hasil yang didapat dari penelitian ini menyebutkan bahwa terapi yang dilakukan di pondok pesantren berbeda dengan konsep khalwat, karena santri tetap memiliki hubungan dengan orang lain atau masih bersama-sama. Khalwat memiliki makna yang pasti menyendiri dari orang lain ketika masih ada orang lain maka tidak bisa dianggap khalwat. Peran yang diberikan oleh terapi ini cukup efektif karena seluruh santri mantan pecandu narkoba yang diterapi di pondok pesantren dapat terlepas dari kecanduannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Ahmad Wildanwildanubaidillaah@gmail.comE97219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Pesantren
Psikoterapi
Terapi
Keywords: Terapi; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahmad Wildan Ubaidillah
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:40
Last Modified: 21 Sep 2023 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64816

Actions (login required)

View Item View Item