Pesan dakwah dalam drama seri Malaysia NUR 1: analisis semiotik Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Narulita, Venna (2023) Pesan dakwah dalam drama seri Malaysia NUR 1: analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Venna Narulita Rizqi_B01219052 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil objek penelitian media audio visual drama seri dari negeri jiran Malaysia yang berjudul Nur Season 1. Serial ini memiliki sifat diskriminasi yang sesuai dengan realitas sosial. Film dianggap sebagai terobosan baru dalam media penyampaian dakwah yang dapat mempengaruhi serta mengubah perilaku penontonnya. Oleh karena itu, film termasuk media yang paling efektif dalam menyebarkan pesan dakwah maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah dalam drama seri berdasarkan pada analisis milik Charles Sanders Peirce dengan melihat pada representament, interpretant dan object-nya. Metode kualitatif deskriptif digunakan karena menghasilkan data temuan berupa potongan gambar sampai dialog dari drama seri. Peneliti menemukan pesan dakwah dalam drama seri Nur Season 1 yakni pesan akhlak kepada Allah agar husnudzon pada segala kehendak Allah yang terjadi dalam kehidupan. Kemudian pesan akidah yang didapat adalah meyakini bahwasanya Allah adalah sebaik-baiknya tempat untuk memohon dan selalu berserah diri dalam segala urusan kepada-Nya. Sedangkan pesan syariah yang ditunjukkan adalah selalu istiqomah dan ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT Kaitan dengan teori adalah pada objek yang dilihat dari gaya bicara serta dialog lalu disimpulkan menggunakan bahasa peneliti. Interpretan yang dihasilkan yakni berasal dari penafsiran peneliti dalam representamen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Narulita, Vennavenarulita@gmail.comB01219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Akhlak > Akhlak Mulia
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Nur; diskriminasi; representamen; objek; interpretan; drama seri Malaysia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Venna Narulita Rizqi
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:57
Last Modified: 04 Sep 2023 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64825

Actions (login required)

View Item View Item