Hubungan antara empati dan religiusitas dengan pemaafan pada mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Augustin, Triningtyas Nur (2023) Hubungan antara empati dan religiusitas dengan pemaafan pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Triningtyas Nur Augustin_J91219130 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Empati dan Religiusitas terhadap Pemaafan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 342 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive proportional random sampling. Kriteria sampelnya yakni, mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan pernah memiliki konflik dengan sesama teman di UINSA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk kuesioner melalui Google Form dengan tiga instrumen yang digunakan yaitu skala Pemaafan, skala Empati, dan skala Religiusitas yang disebarkan melalui sosial media. Analisis data yang digunakan antara lain uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis pertama diterima yang memiliki arti bahwa empati memiliki hubungan dengan pemaafan yakni sebesar 4%. Hipotesis kedua diterima dengan sumbangan efektif sebesar 2,2%, maka dapat dinyatakan apabila religiusitas terdapat hubungan dengan pemaafan. Hipotesis terakhir juga diterima, maka empati dan religiusitas dapat dikatakan memiliki hubungan dengan pemaafan pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebesar 6,2%. Sedangkan 93,8% sisanya memiliki hubungan dengan faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Augustin, Triningtyas Nurtriningtyasnur@gmail.comJ91219130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Agama
Masalah sosial
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemaafan; empati; religiusitas
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sarjana Triningtyas Augustin
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:55
Last Modified: 18 Sep 2023 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64827

Actions (login required)

View Item View Item