Ritual kematian masyarakat Hindu Bali dan Hindu Jawa di Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurwanti, Dita Nurwanti (2023) Ritual kematian masyarakat Hindu Bali dan Hindu Jawa di Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Nurwanti_E02219010 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Ritual Kematian yang dilakukan oleh Umat beragama Hindu Bali dan Hindu Jawa yang ada di Kota Sidoarjo. Dilatar belakanagi oleh ritual upacara Hindu Bali yakni Ngaben yang berlangsung di Krematorium Jala Pralaya Juanda dan Keputih Surabaya, yang dima berbeda dengan Hindu Jawa yakni di kubur atau dipendem, orang hindu jawa biasanya menyebutnya ngaben tanpa api. Bagaimana proses Ritual Kematian tersebut memiliki makna tersendiri bagi umat hindu. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dimana metode ini mengharuskan peneliti turun langsung ke lapangan guna melihat secara langsung proses Ritual Kematian. Ritual kematian Hindu termasuk dalam kategori pitra yajna (persembahan suci untuk leluhur). Umat Hindu meyakini bahwa ketika seseorang meninggal, jasad materialnya pun ikut mati, kaku, dan rapuh. Namun, jiwa halusnya tidak ikut mati, melainkan terus hidup di alam halus yang mirip dengan dunia mimpi kita. Di sana, jiwa mencoba alam surga dan neraka. Ritual kematian dalam Hindu Bali terkenal dengan proses ritual yang sangat panjang, namun inti dari proses tersebut adalah dimulai dengan membersihkan mayit (mresihin), melakukan kremasi, mengumpulkan abu atau tulang (asti wedana), dan menghanyutkannya. Proses upacara kematian Hindu Jawa hampir sama dengan Hindu Bali namun, di Hindu Jawa tidak menggunakan api, melainkan di kubur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurwanti, Dita Nurwantinurwantidita7@gmail.comE02219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama > Hindu
Kematian
Adat
Keywords: Hindu; Ritual; Ngaben dan Penguburan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dita Nurwanti
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:26
Last Modified: 21 Sep 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64832

Actions (login required)

View Item View Item