Peran Baznas Gresik dalam pendistribusian beasiswa melalui program Beasiswa Mahasiswa Produktif (BMP)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roji, Anas Fatkur (2023) Peran Baznas Gresik dalam pendistribusian beasiswa melalui program Beasiswa Mahasiswa Produktif (BMP). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anas Fatkur Roji_I03219007 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji sebuah fenomena mengenai peran Baznas Gresik dalam mendistribusikan beasiswa terhadap mahasiswa. Peran sendiri ialah pengaruh aktor terhadap targetnya yaitu mahasiswa Gresik yang kuliah diluar maupun di Gresik sendiri. Dengan menggunakan tinjauan teori Tindakan Sosial, Max Weber. Penelitian ini berfokus pada peran serta yang menjadi target lembaga dalam mendistribusikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa di kabupaten Gresik. Dalam proses menggali data dan menyusun penelitian, peneliti menggunakan metode pendekatan fenomenologi serta jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan sampel bertujuan atau purposive sampling, yakni pegawai atau staff di Badan Amil Zakat Nasional kabupaten Gresik beserta mahasiswa penerima Program BMP. Penggalian data pada penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh akan di kelola melalui reduksi data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan dua temuan yaitu bertambahnya motivasi belajar yang muncul akibat beasiswa yang diterima dan munculnya ikatan emosional antara mahasiswa dengan lembaga akibat adanya pembinaan serta kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roji, Anas Fatkurfatanas831@gmail.comI03219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadcakshodiq2@gmail.com2023047502
Subjects: Beasiswa
Sosiologi
Amil Zakat
Keywords: Peran; Pendistribusian Beasiswa; Tindakan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Anas Fatkur Roji
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:16
Last Modified: 16 Oct 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64833

Actions (login required)

View Item View Item