Motivasi konsumsi produk Korea perempuan milenial di Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Ghina (2023) Motivasi konsumsi produk Korea perempuan milenial di Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghina Mufidah_E01219015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti untuk mendapatkan hasil yang kongkrit dan jelas. Hasil yang diperoleh peneliti dari analisis motivasi konsumsi produk Korea oleh wanita milenial di Tulungagung dengan menggunakan Teori tindakan sosial Max Weber, yaitu: Pada tindakan Rasionalitas Instrumental, informan secara sadar melakukan pembelian produk yang berasal dari Korea karena kebutuhan. Sedangkan pada tindakan Rasional Nilai, informan secara subjektif menilai produk yang berasal dari Korea memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk buatan dalam negeri baik dari segi kualitas bahan, kemasan, pemasaran, dan sebagainya. Kemudian pada tindakan Afektif, informan melakukan aksi pembelian barang-barang yang berasal dari Korea tanpa pemikiran yang matang. Hal ini terjadi karena refleks informan tanpa mempertimbangkan nilai kebutuhan akan barang tersebut. Sedangkan dalam tindakan Tradisional, tindakan tradisional ini terjadi karena sudah menjadi kebiasaan individu sejak lama. Informan terbiasa menyukai budaya Korea, seperti menonton drakor dan mengikuti perkembangan Kpop sejak duduk di bangku SMA hingga sekarang. Motivasi wanita milenial di Tulungagung dalam membeli produk yang berasal dari Korea adalah sebagai bentuk self reward. Informan rela menabung demi mendapatkan barang yang diinginkan sehingga informan melakukan usaha seperti bekerja sehingga dapat menyisihkan uang untuk membeli produk yang berasal dari Korea.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Ghinaghinamufidah8@gmail.comE0121015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani30@gmail.com2030017101
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Kebudayaan
Remaja, Gaya hidup
Konsumen
Keywords: Korea; Korean Wave; Max Weber; Konsumsi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ghina Mufidah
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:27
Last Modified: 05 Sep 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64834

Actions (login required)

View Item View Item