Penanaman pendidikan karakter berbasis motto “berakhlak dan berprestasi” pasca pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Syaiful (2023) Penanaman pendidikan karakter berbasis motto “berakhlak dan berprestasi” pasca pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Manyar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaiful Arif_02040820064 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hakikat pendidikan merupakan upaya sistematis untuk melahirkan situasi belajar dan aktivitas pembelajaran yang kondusif sehingga siswa bisa dengan leluasa memaksimalkan potensinya di bidang apapun mulai dari kecerdasan, akhlak, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat, oleh karena itu pendidikan karakter penting untuk ditanamkan kepada seluruh peserta didik untuk mrnumbuhkan generasi-generasi yang berakhlak. Beberapa tahun silam hampir seluruh dunia mengalami perubahan pada sistem pembelajaran dikarenakan pandemi covid-19, tentu hal tersebut berpengaruh pada pengembangan karakter pada seluruh pelajar dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya kualitas pada prastasi dan akhlak siswa, sehingga instansi pendidikan yang memiliki tujuan utama untuk menanamkan pendidikan karakter, meningkatkan kualits ilmu pengetahuan, membutuhkan pondasi utama akan prinsip dan nilai-nilai kebaikan saat proses pembelajaran agar lebih kreatif serta inovatif, dan mendesain model pembelajaran sesuai dengan kondisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman pendidikan karakter yang dikaitkan dengan motto sekolah pada kegiatan rutinitas siswa dalam penguatan karakter siswa pasca pandemi covid-19 dan menganalisis implikasi penanaman pendidikan karakter siswa di SD Muhammadiyah Manyar Gresik. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Manyar Gresik dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter pasca pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Manyar Gresik terkait penguatan akhlak dan prestasi, peneliti mengklasifikasikan menjadi tiga desain penanaman karakter pada kegiatan rutinitas siswa (habbituals) di sekolah. Pertama, Dining Room Kedua, Sholat Berjama’ah. Ketiga, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah maupun di luar sekolah. Terkait implikasinya, SD Muhammadiyah Manyar lebih meningkatkan dan menitik beratkan pada penanaman yang terkait pada nilai akhlak, karena menjadi dasar utama yang diharapkan oleh pihak sekolah yang senantiasa memprioritaskan sikap sopan dan santun agar tertanam pada seluruh peserta didik sehingga dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Syaifularifalafasy124@gmail.com02040820064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Agama
Adab
Akhirat
Al Qur'an
Keywords: Pendidikan Karakter; Pasca Pandemi Covid-19
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syaiful Arif
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:08
Last Modified: 10 Aug 2023 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64835

Actions (login required)

View Item View Item