Pemodelan jumlah kasus penyakit Tuberkulosis (TB) di Jawa Barat menggunakan metode Regresi Semiparametrik Spline

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Andini Fitriyah (2023) Pemodelan jumlah kasus penyakit Tuberkulosis (TB) di Jawa Barat menggunakan metode Regresi Semiparametrik Spline. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Fitriyah Handayani_H92219040 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi kronis menular, dimana Indonesia memiliki jumlah tingkat kejadian TB tertinggi di dunia setelah China dan India. Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki jumlah kasus penyakit TB tertinggi di Indonesia pada tahun 2021. Beberapa penyakit yang dapat menjadi faktor pemicu seseorang terjangkit penyakit TB adalah HIV, Diabetes Melitus (DM), merokok, kerkurangan gizi atau terkena penyakit gizi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kasus Tuberkulosis (TB) di wilayah Jawa Barat pada tahun 2021. Metode Regresi Semiparametrik Spline adalah salah satu metode yang dapat digunakan dalam menentukan variabel prediktor mana yang dapat membentuk pola tertentu dan tidak tertentu. Berdasarkan hasil analisis diperoleh variabel prediktor yang termasuk kedalam komponen parametrik adalah variabel x1 yaitu jumlah kasus penyakit HIV, setelah itu variabel prediktor yang termasuk kedalam komponen nonparametrik adalah variabel x2, x3, x4 yaitu jumlah kasus penyakit Diabetes Melitus, Penyakit Gizi Buruk/Kurangnya Gizi, serta jumlah perokok di provinsi Jawa Barat tahun 2021. Nilai estimasi parameter diperoleh melalui pada 3 titik knot yang memiliki nilai Generalized Cross Validation (GCV) paling minimum diantara jenis titik knot lainnya, dan nilai GCV minimum yang didapat sebesar 1080135.96. Pada perhitungan model regresi semiparametrik spline didapat nilai koefisien determinasi sebesar 79.3% . Dimana keempat faktor tersebut berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kasus penyakit Tuberkulosis (TB).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Andini Fitriyahandinihandayani13@gmail.comH92219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@uinsby.ac.id2010069201
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Statistik
Keywords: Jumlah kasus penyakit Tuberkulosis; Regresi Semiparametrik Spline; Knot; GCV Minimum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Andini Fitriyah Handayani
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:42
Last Modified: 08 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64849

Actions (login required)

View Item View Item