Identitas diri masyarakat Samin Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Agil Wahyu (2023) Identitas diri masyarakat Samin Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agil Wahyu Wicaksono_J01219003 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (8MB)
[img] Text
Agil Wahyu Wicaksono_J01219003.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana terbentuknya identitas diri individu dewasa Samin Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara kepada 3 informan utama dan literasi pada kepustakaan ilmiah. Analisis inferensial digunakan sebagai pengkategorian data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, serta untuk validasinya digunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas diri masyarakat Samin Bojonegoro diperoleh oleh individu melalui penanaman ajaran Samin dengan cara penuturan orang tua. Pada dasarnya individu telah menyadari bagian dari Samin karena keteguhan dalam penerapan ajarannya. Segala hal yang didapatkan individu terkait dengan ajaran tersebut akan terus digenggam mulai kecil sampai dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan jika individu tersebut tidak lagi menerapkan ajaran Samin dikarenakan modernisasi. Sehingga, individu yang memiliki keteguhan dalam melestarikan dan menerapkan ajaran Samin beranggapan kalau telah sampai pada kehidupan yang tentram, sebaliknya dengan individu yang mengalami rekonstruksi identitas diri tidak lagi memegang teguh ajaran Samin. Diharapkan penelitian selanjutnya untuk menambahkan significant other sebagai pembanding data penelitian antara informasi utama dengan informasi pendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Agil Wahyuwicak9wahy120901@gmail.comJ01219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Antropologi Budaya
Psikologi
Adat
Keywords: Identitas diri; masyarakat Samin
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Agil Wahyu Wicaksono
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:51
Last Modified: 29 Feb 2024 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64853

Actions (login required)

View Item View Item