Analisis penerapan green accounting pada sentra wisata kuliner Dharmawangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanti, Assyifa Rahma (2023) Analisis penerapan green accounting pada sentra wisata kuliner Dharmawangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Assyifa Rahma Tanti_G92219082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis berjudul “Analisis Penerapan Green Accounting pada Sentra Wisata Kuliner Dharmawangsa Surabaya” yang bertujuan untuk menelaah apakah green accounting dapat diterapkan pada sektor UMKM terutama tentang bagaimana pengungkapan dan pengakuan biaya lingkungannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, informan penelitian yaitu pelaku UMKM pada Sentra Wisata Kuliner Dharmawangsa dan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sentra Wisata Kuliner Dharmawangsa melakukan pencatatan terkait pada biaya lingkungan hanya dibebankan kepada biaya operasional dan masih belum dicatat secara terpisah pada laporan biaya lingkungan sesuai dengan teori Hansen dan Mowen. Berdasarkan dengan biaya-biaya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan, maka dapat dideteksi bahwa biaya lingkungan pada Sentra Wisata Kuliner Dharmawangsa mendapat persentase 17,24% dari total seluruh biaya operasional. Biaya-biaya ini terkait dengan biaya pencegahan lingkungan, biaya deteksi lingkungan, biaya kegagalan internal lingkungan, biaya kegagalan eksternal lingkungan. Sehingga, Sentra Wisata Kuliner Dharmawangsa dapat menerapkan green accounting dengan biaya-biaya lingkungan yang sesuai dengan teori Hansen dan Mowen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanti, Assyifa Rahmaassyifarahma20@gmail.comG92219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Keywords: Green accounting; biaya lingkungan; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Assyifa Rahma Tanti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:48
Last Modified: 05 Sep 2023 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64856

Actions (login required)

View Item View Item