Konseling islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa kurang percaya diri pada mahasiswa semester tujuh Universitas Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satria, Rhenaldo Dwi (2022) Konseling islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa kurang percaya diri pada mahasiswa semester tujuh Universitas Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rhenaldo Dwi Satria_B73218111 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini, (1) Bagaimana proses bimbingan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa kurang percaya diri pada mahasiswa semester tujuh Universitas Bojonegoro, (2) Untuk mengetahui hasil bimbingan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa kurang percaya diri mahasiswa semester tujuh Universitas Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta penyajian data berupa deskriptif. Adapun proses yng dilakukan peneliti dalam konseling dengan terapi syukur. Pertama, bersyukur dengan hati. Menyadarkan konseli sepenuhnya bahwa nikmat yang diperoleh semata-mata datangnya dari pemberian Allah swt. Kedua, bersyukur dengan lisan. Konseli dibimbing ntuk membiasakan diri berucap hamdalah serta memuji Tuhannya, sebagai bentuk kebersyukuran. Ketiga, bersyukur dengan perbuatan. Peneliti memberikan bimbingan kepada konseli agar lebih memanfaatkan anugerah yang diperoleh dari Allah Swt untuk lebih dikembangkan lagi didalam lingkungan sosialnya maupun didalam kampusnya. Hasil akhir pelaksanaan terapi syukur untuk mengatasi rasa kurang percaya diri pada mahasiswa Universitas Bojonegoro dikategorikan cukup berhasil. Maka kesimpulannya, terdapat perubahan signifikan hasil implementyasi terapi syukur terhadap kepercayaan diri konseli. Hal ini terlihat dari perilaku yang ditampakkan konseli sendiri, yaitu lebih aktif dalam lingkungan sosialnya, bahkan konseli sudah berani bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa di Universitas Bojonegoro untuk mengembangkan bakat-bakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satria, Rhenaldo Dwirhenaldosatriaa@gmail.comB73218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Konseling
Perguruan Tinggi
Terapi
Keywords: Konseling Islam; terapi syukur; percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rhenaldo Dwi Satria
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:44
Last Modified: 14 Aug 2023 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64859

Actions (login required)

View Item View Item