Analisis akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa pada karakter integritas keislaman: studi kasus Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nur Lailatul (2023) Analisis akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa pada karakter integritas keislaman: studi kasus Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Fitriyah_G72219062.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes) pada Karakter Integritas Keislaman yaitu Shiddiq, Amanah, Tabliqh dan Fathonah di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro dalam pencapaian good governance yaitu pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, kemudian untuk menganalisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro bisa dikatakan cukup akuntabel dan transparan. Hal ini dibuktikan dengan adanya transparansi informasi terkait dengan pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang disampaikan oleh perangkat desa melalui musyawarah desa dan juga melalui papan informasi. Disamping itu pemerintah Desa Margomulyo telah melakukan pengelolaan dana desa sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014. Dalam melakukan akuntabilitas terhadap transparansi pegelolaan dana desa pemerintah Desa Margomulyo telah sesuai dengan karakter integritas keislaman yakni Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Penerapan nilai-nilai islam tersebut akan membangkitkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap perangkat desa dalam hal pengelolaan keuangan desa sehingga pemerintah desa dapat mewujudkan good governance yaitu pemerintahan yang akuntabel dan transparan serta mencapai kesejahteraan bagi masyarakatnya terkhusus di Desa Margomulyo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nur Lailatullalanlf20@gmail.comG72219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Ekonomi Islam
Keywords: Akuntabilitas; transparansi; pengelolaan APBDesa; karakter integritas keislaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nur Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:04
Last Modified: 05 Sep 2023 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64866

Actions (login required)

View Item View Item