Mekanisme pengujian peraturan kebijakan (beleidsregel) di Indonesia (Studi putusan mahkamah agung dan pengadilan tata usaha negara)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khosnol (2023) Mekanisme pengujian peraturan kebijakan (beleidsregel) di Indonesia (Studi putusan mahkamah agung dan pengadilan tata usaha negara). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khosnol Khotimah_02040421011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Mekanisme Pengujian Peraturan Kebijakan (Beleidsregel) di Indonesia (Studi Putusan Mahkamah Agung dan Pengadilan Tata Usaha Negara). Belum adanya instrumen hukum untuk menguji suatu peraturan kebijakan seringkali mengakibatkan banyak peraturan kebijakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini diperparah dengan diujikannya dua peraturan kebijakan di MA dan PTUN sehingga menimbulkan kerancuan terhadap lembaga mana yang berwenang untuk menguji peraturan kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif, yang akan meninjau sejauh mana praktik pelaksanaan peraturan kebijakan (beleidsregel) melalui praktik penyelenggaraan peraturan kebijakan yang telah diputuskan oleh Mahkamah Agung dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: pertama, keberadaan peraturan kebijakan (beleidsregel) dalam suatu negara amatlah penting mengingat peraturan perundang-undangan yang ada belum/tidak jelas, tidak mengatur, serta terjadi kekosongan hukum. Kedua, pengujian peraturan kebijakan (beleidsregel) di Pengadilan Tata Usaha Negara amatlah dibenarkan mengingat adanya perluasan makna KTUN, sehingga peraturan kebijakan masuk kewenangan PTUN untuk mengujinya. Saran dalam penelitian ini adalah pentingnya menetapkan bahwa PTUN yang berwenang unuk menguji peraturan kebijakan (beleidsregel) yang bermasalah. Selain itu, pentingnya pembentukan peraturan kebijakan haruslah didasarkan atas AUPB demi menjamin isi atau muatan peraturan kebijakan tidak melanggar hak asasi manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khosnolkhosnolkhotimah111@gmail.com02040421011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Anisanisfarida@uinsby.ac.id0706087202
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com2006027202
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Peraturan kebijakan; PTUN; penyelenggaraan pemerintahan; beleidsregel
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Khosnol Khotimah
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:34
Last Modified: 18 Sep 2023 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64870

Actions (login required)

View Item View Item