Analisis kepatuhan wajib pajak atas pembuatan faktur pajak pada PT Aurora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Akbar (2023) Analisis kepatuhan wajib pajak atas pembuatan faktur pajak pada PT Aurora. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Akbar Kurniawan_G02219004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan wajib pajak merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti. Mengacu dari berbagai sumber referensi dan data yang tersedia, ketidakpatuhan yang dilakukan oleh wajib pajak masih relative tergolong tinggi. Tingginya angka ketidakpatuhan dapat dilihat dari presentase tax gap di Indonesia, tidak terpenuhinya target PPN, ketidaksesuaian pelaporan SPT Masa PPN, Serta masih tingginya kasus faktur pajak Tidak Berdasarkan Transaksi Sebenarnya (TBTS).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami PKP dalam melakukan kewajiban perpajakannya terkait dengan pembuatan faktur pajak.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara Peraturan Perpajakan,PT Aurora masih belum sepenuhnya patuh terhadap pembuatan faktur pajak tetapi ada keinginan untuk berbuat patuh. Kepatuhan PT Aurora karena mendasarkan faktur pajak pada Peraturan Perpajakan. Pendasaran tercermin dari pencantuman tanggal faktur pajak dengan invoice dan selalu tepat waktu dalam membuat faktur pajak. Sedangkan ketidakpatuhan PT Aurora timbul karena adanya keteledoran dalam pencantuman harga jual dan dalam pengisian nama BKP. Ketidakpatuhan juga terjadi karena ketidaktahuan PT Aurora terhadap Peraturan Perpajakan dalam hal tidak disertakannya dokumen pendukung di Kawasan Bebas. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar lebih teliti dan lebih jeli lagi dalam pembuatan faktur pajak. Selain itu, Perusahaan tidak segan-segan untuk bertanya kepada Kantor Pelayanan Pajak ataupun Kantor Konsultan Pajak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Akbarblikurniawan99@gmail.comG02219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsby.ac.id2028058903
Subjects: Akuntansi
Perusahaan Perdagangan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: perpajakan, pajak, kepatuhan, wajib pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Akbar Kurniawan
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:12
Last Modified: 29 Sep 2023 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64872

Actions (login required)

View Item View Item