Peran orang tua dalam pendidikan anak perspektif Tafsir Tarbawi Anwar Al-Baz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soleha, Anisa Dinda (2023) Peran orang tua dalam pendidikan anak perspektif Tafsir Tarbawi Anwar Al-Baz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Dinda Soleha_E03219006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Orang tua memiliki peran penting dalam pendidikan anak, dari anak tersebut sebelum lahir hingga nanti ia dewasa, dalam pendidikan formal maupun non formal. Pada masa yang sangat penting dan kritis dalam mendidik anak yakni pada usia pra sekolah. Menurut Anwar al-Baz mengutip dari kitab Sahib al-Zilal bahwa nasehat orang tua yang baik kepada anak terutama dalam keagamaan hendaknya dilakukan saat anak usia dini sebab pada usia tersebut termasuk usia atau masa yang khusus dalam kondisi yang khusus pula. Hal itu karena watak seorang anak cenderung kepada pengayoman orang tua kepada anak tersebut untuk bekal masa depan yang telah ditentukan oleh Allah kepada anak tersebut. Sesungguhnya orang tua menjadi gambaran terhadap anak-anaknya baik dari tubuh, pemikiran, dan segala sesuatu yang dimiliki orang tua. Dalam tulisan ini, membahas mengenai peran orang tua dalam pendidikan anak perspektif tafsir tarbawi Anwar al-Baz menggunakan tafsir tarbawi guna mengungkap ayat-ayat pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) menggunakan model penelitian kualitatif. Dalam menyajikannya menggunakan metode deskriptif. Kaitannya dengan penggalian ayat-ayat tentang pendidikan dalam Alquran menggunakan tafsir tarbawi karya Anwar al-Baz, sehingga diperoleh deskripsi tentang ayat-ayat pendidikan yang ada dalam Alquran. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah, pertama, bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang peran orang tua terhadap pendidikan anak dalam al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm karya Anwar al-Baz. Kedua bagaimana konsep peran orang tua terhadap pendidikan anak dalam al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm karya Anwar al-Baz. Hasil penelitian ini berkaitan dengan peran orang tua dalam pendidikan anak perspektif tafsir tarbawi Anwar al-Baz adalah orang tua sebagai penyalur akidah kepada anak-anak nya dimana akidah merupakan dasar dari segala tindakannya, baik dalam bentuk sosial kemasyarakatan ataupun peribadatan kepada Allah. Orang tua sebagai perantara agar anak mendapat pendidikan atau asuhan dari seorang guru yang mengerti akan ajaran agama karena pengaruh seorang guru yang mengerti akan ajaran agama Islam akan berdampak kepada kerohanian seorang murid, guru yang membentuk kerohanian, mental, dan jiwa seorang murid. Orang tua sebagai guru bagi anaknya sejak usia dini dimana pada saat usia tersebut merupakan usia yang khusus dalam kondisi yang khusus pula. Sikap anak tergantung kepada watak kedua orang tuanya dikarenakan orang tua menjadi gambaran terhadap anak-anaknya baik dari tubuh, pemikiran dan segala sesuatu yang dimiliki orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soleha, Anisa Dindaanisadindasoleha@gmail.comE03219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com-
Subjects: Anak
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Anwar al Baz; tafsir tarbawi; peran orang tua; pendidikan anak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Anisa Dinda Soleha
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:08
Last Modified: 06 Sep 2023 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64874

Actions (login required)

View Item View Item