Studi kualitas sistem pendinginan menggunakan monitoring suhu, kelembaban dan konsumsi daya mesin freezer pada gudang pendingin produk ikan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugrowibowo, Radityo (2022) Studi kualitas sistem pendinginan menggunakan monitoring suhu, kelembaban dan konsumsi daya mesin freezer pada gudang pendingin produk ikan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Radityo Nugrowibowo_H04218011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Produk hasil perikanan umumnya lebih cepat membusuk apabila dibandingkan produk lainnya seperti daging hewan lainnya. Ikan setelah ditangkap akan mengalami perubahan kualitas, tingkat perubahan inilah yang akan menentukan umur simpan ikan. Penanganan ikan segar merupakan aspek terpenting dalam usaha perikanan. Penyimpanan dingin adalah sala satu cara penyimpanan ikan pada suhu tertentu yang memungkinkan ikan segar dapat disimpan dalam waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Salah satu contoh peruasahaan yang menggunakan cold storage untuj menjaga kualitas kesegaran ikan yaitu PT Shinmas Jaya Bahari. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan cara pengukuran, wawancara dan studi litertur. Proses tahapan dalam penerimaan produk ikan dimulai dari pembongkaran ikan, proses thawing ikan beku, penimbangan dan pengujian sampel, sortasi dan menghitung persentase reject,dan penyimpanan sementara dengan melihat berbagai kendala-kendala saat proses penerimaan bahan baku. Performansi data logger dan big data masing-masing menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan nilai akurasi alat masing-masing sebesar 99,26% untuk pengukuran suhu dan 99,83% untuk pengukuran kelembaban. Dengan defrost 2 jam maka dapat menghemat daya sebesar 4,37%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugrowibowo, Radityonugrowibowo1823@gmail.comH04218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com201409004
Subjects: Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: Ikan; penyimpanan; data logger; suhu; kelembaban
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Radityo Nugrowibowo
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:58
Last Modified: 06 Sep 2023 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64878

Actions (login required)

View Item View Item