Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis pendidikan karakter Islami untuk melatih keterampilan kolaborasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamaningtyas, Afina Aulia (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis pendidikan karakter Islami untuk melatih keterampilan kolaborasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afina Aulia Purnamaningtyas_D94218044 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe TPS berbasis pendidikan karakter Islami ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan serta untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran matematika model kooperatif tipe TPS berbasis pendidikan karakter Islami. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya keterampilan kolaborasi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Pengembangan Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu Preliminary Research (fase penelitian pendahuluan), Prototyping Phase (fase pembuatan prototype), dan Assessment Phase (fase penilaian). Perangkat yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 30 peserta didik kelas VIII-A di SMP Hidayatul Ummah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Setelah diperoleh data, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini meliputi: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP (RTP) sebesar 4,47 dan rata-rata total kevalidan LKPD (RTL) sebesar 4,40; (2) perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” pada kriteria “A” dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 90,24 untuk RPP dan 88,57 untuk LKPD, artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan tanpa revisi; (3) perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” karena selama proses pembelajaran aktivitas peserta didik yang aktif lebih besar daripada yang aktif, yakni sebesar 99,06%, kemudian untuk kemampuan pendidik dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran selama 2 pertemuan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,87 dan termasuk dalam kategori “positif”, serta respon peserta didik memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 88,67% maka termasuk dalam kategori “positif” juga; (4) keterampilan kolaborasi peserta didik setelah dilatihkan dalam pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis pendidikan karakter Islami pada materi SPLDV, 83,33% peserta didik termasuk dalam kriteria tinggi, 16,67% peserta didik termasuk dalam kriteria sedang, dan 0% peserta didik termasuk dalam kritetia rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamaningtyas, Afina Auliaafinaauliap10@gmail.comD94218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Keterampilan
Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Model kooperatif tipe TPS; pendidikan karakter Islami; keterampilan kolaborasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afina Aulia Purnamaningtyas
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:13
Last Modified: 06 Sep 2023 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64882

Actions (login required)

View Item View Item