Analisis penggunaan quick response code indonesian standard (QRIS) sebagai digital payment pada pedagang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nurul (2023) Analisis penggunaan quick response code indonesian standard (QRIS) sebagai digital payment pada pedagang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini_H76218039.pdf

Download (2MB)

Abstract

QRIS merupakan metode pembayaran alternatif yang dapat mengurangi kontak fisik dan sangat bermanfaat untuk digunakan terutama pada masa pandemi. Fenomena meningkatnya penggunaan dompet digital selama pandemi covid-19 mengindikasikan bahwa masyarakat telah menerima aplikasi pembayaran dompet digital untuk mendukung kegiatan transaksi sehari-hari. Dengan popularitas QRIS dan jumlah transaksi yang berkembang pesat, penting untuk mempelajari minat penggunaan QRIS, terutama bagi pedagang toko kelontong. Penelitian ini menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengujian model penerimaan aplikasi QRIS sebagai digital payment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 203 responden. Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode PLS SEM dengan bantuan software Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Compatibility, Awareness secara langsung mempengaruhi Perceived Usefulness penggunaan QRIS. Perceived Trust secara langsung mempengaruhi Intention to Use penggunaan QRIS. Variabel Perceived Usefulness, Perceived Cost dan Perceived Customer Value Addition berpengaruh tetapi tidak signifikan. Pengaruh Perceived Usefulness terhadap Intention To Use yang dimediasi oleh Perceived Trust pada Penggunaan QRIS terbukti positif dan signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurulnurulaini10.na@gmail.comH76218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Adopsi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Intention to use; digital payment; QRIS; technology acceptance model (TAM)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nurul Aini
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:33
Last Modified: 06 Sep 2023 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64887

Actions (login required)

View Item View Item