Pengujian Total Plate Count (TPC) dan cemaran Salmonella sp. pada ikan layur (trichiurus lepturus) di pasar tradisional dan modern Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Adifa Putri (2023) Pengujian Total Plate Count (TPC) dan cemaran Salmonella sp. pada ikan layur (trichiurus lepturus) di pasar tradisional dan modern Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adifa Putri Ramadhani_H74219021 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ikan Layur (Trichiurus lepturus) termasuk ke dalam ikan perairan laut, pada pola musim persebaran adanya ikan layur terdapat pada bulan April, Juni, Agustus, September, Oktober, dan November. Antusias yang tinggi dari masyarakat menjadikan ikan layur (Trichiurus lepturus) tidak selalu ada di pasaran karena keterbatasan ikan layur (Trichiurus lepturus). Bakteri Salmonella sp. merupakan parameter adanya kontaminasi terhadap produk perikanan maka pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai TPC (Total Plate Count) dan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya cemaran bakteri Salmonella sp. pada ikan layur (Trichiurus lepturus). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, untuk pengujian TPC (Total Plate Count) mengikuti standart SNI 2332-3-2015 menggunakan metode pour plate dengan teknik duplo. Pada cemaran Salmonella sp. SNI ISO 6579.2015 menggunakan media XLD yang dilanjutkan pada uji TSIA/LIA dan uji biokimia. Hasil penelitian menunjukkan nilai TPC tertinggi sebesar 6,8 x 106CFU/ml dan TPC terendah dengan nilai 1,1 x 105 CFU/ml. Pada penelitian ini terdapat dua sampel yang tidak memenuhi syarat TPC dan enam sampel memenuhi syarat, nilai TPC maksimum sesuai standart SNI 2332-3-2015 mengenai ambang batas maksimum produk ikan fresh dan beku sebesar 5,0 x 105 CFU/ml. Pada uji cemaran bakteri dari delapan sampel terdapat satu sampel yang positif tercemar oleh Salmonella sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Adifa Putriadifapr1212@gmail.comH74219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, MisbakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: TPC (Total Plate Count); Salmonella sp.; ikan layur (Trichiurus lepturus)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Adifa Putri
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:46
Last Modified: 06 Sep 2023 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64890

Actions (login required)

View Item View Item