Manajemen pengelolaan dana infaq Masjid Ash Shoobiriin untuk kesejahteraan umat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Mirza (2023) Manajemen pengelolaan dana infaq Masjid Ash Shoobiriin untuk kesejahteraan umat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirza Adawiyah_G05219016 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Pengelolaan Dana Infaq Masjid untuk Kesejahteraan Umat adalah evaluasi dan perbaikan sistem pengelolaan dana masjid yang memastikan dana digunakan secara efisien dan bermanfaat bagi jamaah. Infaq dapat menjadi salah satu sumber dana potensial yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan umat. Hasil dari penelitian lapangan yang dilakukan dengan tujuan menemukan solusi untuk rumusan masalah terkait bagaimana manajemen pengelolaan dana infaq Masjid Ash-shoobiriin, Serta pengelolaan dana infaq Masjid Ash-shoobiriin untuk kesehjateraan umat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikenal dengan analisis deskriptif. Peneliti memperoleh informasi dari wawancara, pendataan, atau pencatatan langsung melalui pengurus takmir, bidang sosial Masjid AshShoobiriin dan penerima program kesejahteraan umat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kemungkinan hubungan antara efektifitas menerapkan fungsi teori manajemen akronim (POAC) yaitu Planning (tahap perencanaan dalam Masjid Ash-Shoobiriin peroleh pendapatan dari dana terikat dan tak terikat dan dalam program yang disusun untuk kesejahteeraan), Organizing (pengorganisasian kepengurus sudah sesuai dengan bidang atau job description), Actuating (Dalam pelaksanaan sesuai dengan penggerakkan memastikan bahwa tujuan yang telah ditetapkan dicapai, meski masih kurang maksimal dalam beberapa aspek insidental), dan Controlling (pengawasan di Masjid Ash-Shoobiriin dilakukan terkait dengan perencanaan, organisasi, dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi tidak dilakukan secara langsung, melainkan menunggu priode setahun berikutnya.) dan pengelolaan dana infaq Masjid Ashshoobiriin untuk kesejahteraan umat dilakukan dalam bentuk penyaluran program kesehatan, sosial dan pemberdayaan. Saran, untuk pengurus Masjid Ash-shoobiriin lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan program yang telah direncanakan. Serta dalam kegiatan pada program kemanusiaan atau sosial agar bisa berkembang baik lagi dan membantu perekonomian di kalangan wilayah rungkut maupun diluar sana dan dalam pengawasan penting untuk memastikan bahwa sistem pengawasan cukup efektif dalam menangani perubahan atau perbaikan yang diperlukan dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Mirzamirza.adawiyah45@mail.comG05219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Manajemen
Keywords: Manajemen; pengelolaan; kesejahteraan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mirza Adawiyah
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:43
Last Modified: 08 Sep 2023 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64891

Actions (login required)

View Item View Item