Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika dimasa pandemi Covid-19 pada siswa Kelas IV SDN Sumput Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tampilang, Jalal Utomo (2023) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika dimasa pandemi Covid-19 pada siswa Kelas IV SDN Sumput Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jalal Utomo Tampilang_D97217057 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia saat ini mengalami pandemi covid-19 yang mengakibatkan sistem pembelajaran secara daring sehingga hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar matematika, oleh karena itu dibutuhkan peran guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Adapun rumusan masalah yang diteliti dalam peneitian ini adalah kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dan bagaimana peran yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika di masa pandemi dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam serta dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Siswa Kelas IV dan Guru Wali Kelas IV SDN Sumput Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan bahwa adanya siswa yang mengalami kesulitan memahami rumus matematika (rumus bangun datar, KPK dan FPB) dan operasi hitung (penjumlahan, perkalian dan pembagian). Permasalahan lain karena kurangnya perhatian guru terhadap murid yang memiliki keterbatasan kemampuan dasar (intelegensi) dalam memahami materi pelajaran matematika yang semestinya mendapat pendampingan khusus dari guru, dan keterbatasan waktu atau jam pelajaran yang singkat karena kondisi pandemi Covid-19. Adapun peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa berdasarkan deskriptif analisis data menunjukan bahwa guru telah melakukan upaya-upaya dengan menggunakan metode pembelajaran langsung, metode pembelajaran berdasarkan masalah dan metode pembelajaran kooperatif yang diaplikasikan guru wali kelas melalui peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai inovator, peran guru sebagai evaluator serta peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tampilang, Jalal Utomojalalutomo@gmail.comD97217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peran guru; kesulitan belajar Matematika; pembelajaran dimasa pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jalal Tampilang
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:28
Last Modified: 26 Sep 2023 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64900

Actions (login required)

View Item View Item