Pengaruh self regulation dan kecemasan terhadap prokrastinasi pada mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taddaga, Tsafitri Rinti (2023) Pengaruh self regulation dan kecemasan terhadap prokrastinasi pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsafitri Rinti Taddaga_J91218116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji pengaruh self regulation dan kecemasan terhadap prokrastinasi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel yang digunakan adalah self regulation sebagai x1, kecemasan sebagai x2 dan prokrastinasi sebagai y. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20.941 dengan sampel yang dipakai sejumlah 100 subjek. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Alat pengumpulan data menggunakan sekala prokrastinasi, sekala self regulation dan sekala kecemasan. Alat ukur sekala ini disusun dengan reabilitas 0,812 pada sekala prokrastinasi, reabilitas 0,861 pada sekala self regulation dan 0,815 pada sekala kecemasan. Validitas yang digunakan merupakan metode try out dengan 30 subjek responden selain sampel yang digunakan. Data dalam penelitian di analisis dengan menggunakan analisis linier berganda dan di olah dengan bantuan SPSS for Window. Hasil analisis uji t menunjukkan terdapat pengaruh antara self regulation dan prokrastinasi dengan nilai signifikan 0,017 dan nilai signifikan 0,00 pada hasil uji kecemasan dan prokrastinasi. Hasil uji f menunjukan variabel self regulation dan kecemasan secara bersama-sama dapat mempengaruhi variabel prokrastinasi. Hasil ini disertai dengan nilai r = 0,293 yang menandakan variabel self regulation dan kecemasan dapat mempengaruhi prokrastinasi sebesar 29%. Penelitian kedepannya dapat mempertimbangkan untuk meneliti lebih detail dan rinci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taddaga, Tsafitri Rintisafitri4040@gmail.comJ91218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Minat Siswa
Psikologi Belajar
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: Self regulation; kecemasan; prokrastinasi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Tsafitri Rinti Taddaga
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:59
Last Modified: 08 Sep 2023 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64901

Actions (login required)

View Item View Item