Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis missouri mathematics project (MMP) pada materi kesebangunan & kekongruenan untuk melatih self efficacy peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sania, Zah Rotust (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis missouri mathematics project (MMP) pada materi kesebangunan & kekongruenan untuk melatih self efficacy peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zah Rotust Sania_D74218070.pdf

Download (21MB)

Abstract

Hal yang berperan penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan akademik adalah self efficacy. Rendahnya self efficacy peserta didik terjadi karena metode pembelajaran belum melibatkan faktor internal maupun eksternal dari self efficacy peserta didik. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan mengetahui self efficacy peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis Missouri Mathematics Project (MMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 30 peserta didik kelas IX-C SMP Hidayatul Ummah Surabaya. Setelah teknik pengumpulan data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan rumus rata-rata kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Pembelajaran yang digunakan di SMP Hidayatul Ummah Surabaya menggunakan pembelajaran langsung dan konvensional yang berpusat pada guru, menggunakan kurikulum merdeka untuk kelas VII dan kurikulum 2013 untuk kelas VIII dan IX, materi yang digunakan yaitu kesebangunan dua segitiga dan kekongruenan bangun datar (2) Data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan sebesar 4,61 untuk RPP dan sebesar 4,55 untuk LKPD. (3) Data kepraktisan diperoleh semua perangkat pembelajaran baik RPP maupun LKPD dinilai A dengan tanpa revisi oleh empat validator sehingga perangkat pembelajaran tergolong praktis. (4) Keefektifan perangkat didapatkan bahwa perangkat dikatakan efektif karena aktivitas peserta didik aktif selama proses telah memenuhi kriteria “efektif” dengan berdasarkan total rata-rata aktivitas peserta didik yang aktif sebesar 3,95. Keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran sebesar 3,6 dan termasuk dalam kategori “baik”. (5) Self efficacy peserta didik kelas IX-C di SMP Hidayatul Ummah Surabaya berdasarkan hasil angket termasuk dalam kategori “sangat baik” untuk indikator 1-4, dan termasuk dalam kategori “baik” untuk indikator 5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sania, Zah Rotustsaniazahrotust@gmail.comD74218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Psikologi Belajar
Keywords: Missouri Mathematics Project (MMP); self efficacy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zah Rotust Sania
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:06
Last Modified: 08 Sep 2023 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64905

Actions (login required)

View Item View Item