Penafsiran Term Sultan menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misbakh, Sabitha Ayu Nuriani Putri (2023) Penafsiran Term Sultan menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabitha Ayu Nuriani Putri M_E93219120.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sabitha Ayu Nuriani Putri M_E93219120_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ungkapan sultan cukup unik dalam bahasa Arab. Dipilihnya Muhammad Quraish Shihab dalam penelitian ini karena ia adalah salah satu mufassir yang masyhur dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir khususnya tafsir Nusantara sehingga dapat dipelajari paradigma tafsirnya dalam suatu topik atau tema tertentu. Di mana penelitian terhadap terminologi sultan belum pernah dilakukan. Di mana terminologi sultan jarang diteliti. Selain itu, terdapat keterbatasan makna ungkapan yang hanya dipahami secara politis oleh masyarakat setempat, sedangkan ungkapan dalam Alquran terdapat makna dan konsep yang lebih kompleks. Topik masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Muhammad Quraish Shihab memaknai terminologi sultan dalam Tafsir Al-Mishbah, 2) Bagaimana konsep sultan sesuai dengan Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interpretasi Muhammad Quraish Shihab terhadap terminologi sultan dalam Alquran dan menjelaskan konsep sultan menurut Muhammad Quraish Shihab. Menjawab masalah tersebut, penelitian ini merupakan model penelitian deskriptif dan kualitatif. Jenis penelitian ini melibatkan penelitian library/kepustakaan dengan pendekatan penelitian maudu’i atau tematik dan pendekatan karya interpretatif. Penelitian dilakukan dengan metode dokumenter, kemudian data yang terekam dikumpulkan dan dianalisis. Dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini 1) Tafsir Muhammad Quraish Shihab terhadap ungkapan sultan dalam Tafsir Al-Mishbah dibagi menjadi dua kategori makna istilah, yaitu sultan sebagai hujjah dan kekuasaan, 2) Konsep sultan menurut Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah, yakni sultan dalam Alquran pada hakikatnya adalah kekuasaan dari Yang Maha Kuasa, Allah, yang terjadi dalam hal-hal tertentu, didistribusikan kepada makhluk sehingga mereka dapat memiliki sebagian kekuasaan Allah. Dalam hal ini, kekuasaan tersebut didistribusikan kepada manusia dan iblis dengan kondisi dan kekuatan tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misbakh, Sabitha Ayu Nuriani Putrisabithaayu88@gmail.comE93219120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamaang.efha@gmail.com2006075901
Subjects: Bahasa Arab
Agama > Biografi Tokoh
Al Qur'an
Keywords: Penafsiran; Sultan; Quraish Shihab
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sabitha Ayu Nuriani Putri Misbakh
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:33
Last Modified: 19 Apr 2024 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64910

Actions (login required)

View Item View Item