Close but no cigar: perubahan dan kesinambungan kebijakan Match Fixing era pasca reformasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Izza Min (2023) Close but no cigar: perubahan dan kesinambungan kebijakan Match Fixing era pasca reformasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Min Ula_I91219084 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mencari tahu bagaimana PSSI selaku institusi atau organisasi tertinggi sepakbola Indonesia menangani kasus match fixing. Sebagaimana kita ketahui bahwa match fixing merupakan permasalahan yang sudah dari lama muncul dan merusak asas fair play. Penelitian ini memiliki suatu rumusan masalah mencari tahu bagaimana perubahan dan dikesinambungan dinamika kebijakan tentang match fixing. Serta mencari tahu evolusi kebijakan politik yang terjadi pada PSSI dalam menangani match fixing. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis kesinambungan dan dinamika kebijakan PSSI tentang match fixing. Penelitian ini menggunakan teori historical institutionalism dimana akan mengkaji bagaimana pentingnya sejarah atau masa lalu suatu institusi dalam mempengaruhi keputusan pengambilan. Jenis penelitian ini ialah qualitative teks analisis, dan studi kepustakaan yang mana pengumpulan datanya berupa buku, jurnal, maupun berita yang beredar di internet. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis isi konten. Masih adanya kasus match fixing atau pengaturan skor menunjukan bahwa belum ada penangganan yang maksimal terhadap kasus ini. Kebijakan PSSI tentang match fixing sudah tertuang dalam kode disiplin 2014 maupun kode disiplin 2018. Usaha yang dilakukan PSSI dalam menangani match fixing tidak hanya berhenti pada pembuatan kode disiplin. PSSI juga sudah berusaha membuat Komite Ad-Hoc guna memberantas intitas yang terbukti terlibat dalam match fixing, namun kasus mengenai match fixing masih ditemukan. Pada tahun 2021 terjadi kasus match fixing di Liga 2 antara Rans Cilegon dengan Perserang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Izza Minizzaminula02@gmail.comI91219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noor-2019108501
Subjects: Politik
Keywords: Match fixing; kebijakan; historical institutionalism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Izza Min Ula
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:49
Last Modified: 11 Sep 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64918

Actions (login required)

View Item View Item