Pengelolaan Blended Learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Irma Nur (2023) Pengelolaan Blended Learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Nur Fitria_D73218047 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari kondisi pandemi yang mengharuskan untuk melakukan pendidikan jarak jauh (PJJ) dan secara tatapmuka. Pelayanan pendidikan ini dilakukan untuk supaya tetap berjalannya pemberian materi kepada siswa dan siswi sekolah terkait melalui E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai (1) pengelolaan blended learning di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik (2) kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik (3) pengelolaan blended learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala bagian Kurikulum dan Kesiswaan, Siswa dan Siswi. Hasil penelitian mendeskripsikan telah berjalan dengan baik sejak pandemi COVID-19. namun terdapat perbedaan dalam implementasinya yakni pada media blended learning, jika di SMA NU 1 Gresik blended learning dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) untuk menunjang pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS) di setiap tingkatan kelas. Sedangkan di SMA 1 Muhammadiyah Gresik blended learning menggunakan Learning Management System (LMS) dengan pembelajaran yang menggunakan metode shynchronous yaitu diskusi secara luring, dan ashynchronous yaitu pembelajaran mandiri oleh siswa melalui LMS. Kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik terbentuk UKBM yang menunjang pembelajaran berbasis SKS untuk memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pembelajaran agar dapat lulus lebih cepat dalam hal akademik. Kemudian di SMA 1 Muhammadiyah Gresik kemandirian belajar didapatkan melalui pembagian kelompok saat project diberikan untuk membentuk kemandirian siswa secara shynchronous dan ashynchronous. Implementasi blended learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA NU 1 Gresik dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa kegiatan blended learning sebagai metode pendekatan yang dilakukan guru kepada siswa menghasilkan dampak positif yang lebih besar terutama dalam kemandirian belajar siswa. Selain itu, metode pendekatan ini dapat dilakukan dalam kondisi apapun selama pembelajaran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Irma Nurfitrirma442@gmail.comD73218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Blended learning; kemandirian siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irma Nur Fitria
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:08
Last Modified: 11 Sep 2023 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64945

Actions (login required)

View Item View Item