Implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Septi Anggraeni Setiyowati (2023) Implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septi Anggraeni Setiyowati Putri_D03219034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Supervisi merupakan sebuah proses untuk peningkatan kinerja lembaga dengan cara memberikan bimbingan profesional kepada administrasi. Manajemen dan administrasi pendidikan adalah sebuah proses untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua sumber daya manusia, spiritual, dan material yang digunakan untuk memajukan tujuan pendidikan dikenal sebagai manajemen dan administrasi pendidikan. Fokus penelitian yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi supervisi manajerial di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan 2) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan 3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum LamonganBagaimana implementasi supervisi manajerial di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan menggunakan metode FGD, bimbingan terprogram, delphi, kerja kelompok workshop, MGMP guru serumpun di madrasah dan tugas mandiri. Dengan pendekatan direktif, non direktif, dan kolaboratif. Dalam menjalan program ini juga ada prosedur – prosedur yang perlu dilakukan yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk manajemen dan administrasi pendidikannya. Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Lamongan ini sudah melakukan implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan manajemen dan administrasi pendidikan dengan baik dan hasilnya juga ada peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Septi Anggraeni Setiyowatiseptianggraeni555@gmail.comD03219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Administrasi
Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi manajerial; manajemen dan administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Septi Anggraeni Setiyowati Putri
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:45
Last Modified: 22 Sep 2023 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64953

Actions (login required)

View Item View Item