Identifikasi terhadap pengaruh disrupsi teknologi pada kultur masyarakat indonesia yang islami berdasarkan framework digital quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hernanda, Muhammad Rijal Bagus (2023) Identifikasi terhadap pengaruh disrupsi teknologi pada kultur masyarakat indonesia yang islami berdasarkan framework digital quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rijal Bagus Hernanda_H96219055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan kehidupan di era saat ini berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut dinamakan era disrupsi teknologi. Di era disrupsi teknologi mengakibatkan dampak positif dan negatif dalam proses interaksi. Proses interaksi mengandung sikap atau perilaku ketika menerapkannya. Sikap atau perilaku tersebut yang dinamakan dengan kultur. Seiring dengan perkembangan zaman beberapa kultur semakin pudar akibat pengaruh perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis seberapa banyak kultur-kultur yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi literatur dengan menggunakan data sekunder. Data tersebut berjumlah 17 jurnal untuk dianalisis dan ditelaah. Data didapatkan melalui pengumpulan dengan menggunakan mesin penelusuran Google Scholar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 42 kultur milik bangsa Indonesia, 24 kultur berdasarkan framework Digital Quotient, dan 16 kultur yang memiliki arti sama serta tersurat dalam kandungan Al-Qur’an dan hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hernanda, Muhammad Rijal Bagusm.rijalbagus.h@gmail.comH96219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Budaya Islam
Komunikasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Kultur; kecerdasan digital; komunikasi digital
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Rijal Bagus Hernanda
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:37
Last Modified: 12 Sep 2023 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64955

Actions (login required)

View Item View Item