Penggunaan media komunikasi sebagai jejaring sosial pengetahuan di PP As'adiyah Sengkang dalam perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Rini (2023) Penggunaan media komunikasi sebagai jejaring sosial pengetahuan di PP As'adiyah Sengkang dalam perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rini Saputri_E71219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media alat komunikasi sebagai jejaring sosial di PP As’Adiyah Sengkang. Sebelumnya kita ketahui bahwasanya di PP pastinya di larang keras menggunakan alat komunikasi, namun di PP As’Adiyah sekarang sudah diperbolehkan menggunakan alat komunikasi meskipun ada jadwal tertentu untuk memakainya. Gadget ataupun laptop diaplikasikan oleh santri dengan melalui jejaring sosial dalam mendapatkan pengetahuan atau dalam mencari sebuah pengetahuan yang diinginkan seperti pengetahuan agama. Dalam hal ini ada relasi antara pemikiran masyarakat yang berfokus pada pengetahuan dengan kata lain ada sikap individu yang menganut paham-paham tertentu. Karl Mannheim pun menjelaskan bahwasanya hubungan antara masyarakat dengan ilmu pengetahuan adalah sebuah cara berpikir yang dapat kita pahami ketika faktornya sudah jelas. Karl Mannheim membedakan dua bentuk teori yakni sistem ideologi yang cenderung mempertahannkan sistemnya, sedangkan utopia mengundang perubahan kepercayaan demi mencapai masa depan yang dianggap baik. Hasil dari penelitian ini pun adalah bahwasanya sistem yang awalnya menggunakan konsep ideologi yakni tidak menginginkan perubahan yang terjadi artinya tetap mempertahankan sistemnya, berubah karena adanya perubahan zaman atau era globalisasi yang membuat kehidupan santri mengalami perkembangan dengan adanya jejaring sosial pengetahuan. Sehingga santri ataupun mahasantri di Pondok tersebut diperbolehkan menggunakan media alat komunikasi. Dalam hal inipun Karl Mannheim melihat bahwasanya sosiologi pengetahuan kiranya bisa memberikan sebuah ide bagi kepengapan dunia pemikiran masyarakat Indonesia masa kini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Rininirinisaputri@gmail.comE71219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqul98888yaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Filsafat
Telekomunikasi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Jejaring sosial; pengetahuan; media komunikasi; sosiologi pengetahuan; Karl Mannheim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rini Saputri
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:55
Last Modified: 15 Sep 2023 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64956

Actions (login required)

View Item View Item